Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: PT Bank Mandiri Tbk menerapkan perlindungan alami (natural hedge) dalam menekan tingkat risiko pembiayaan valuta asing, dengan memberikan kredit hanya kepada perusahaan yang memiliki pendapatan dalam mata uang asing.

Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Sentot A. Sentausa menyebutkan risiko pembiayaan dalam valuta asing (valas) lebih besar dibandingkan dengan pembiayaan dalam rupiah.Selain memiliki risiko kredit bermasalah, pembiayaan valas juga memiliki risiko sumber likuiditas yang terbatas. "Kalau [pada pembiayaan] rupiah hanya risiko kredit. Kalau pinjaman dolar ada risiko kredit dan risiko mata uang," ujarnya Rabu.Untuk menekan tingkat risiko kredit valas, Sentot mengatakan pembiayaan hanya diberikan kepada perusahaan yang memiliki penghasilan dalam valas seperti dolar Amerika Serikat (AS). "Jadi ini natural hedge. Kalau kredit dalam dolar AS pendapatannya juga harus dolar AS," katanya.Sebelumnya, Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri Pahala N Mansury menyatakan bank pelat merah ini akan mengerem laju pertumbuhan kredit valas, menyusul aturan kenaikan giro wajib minimum valas yang baru."Kami punya likuiditas yang cukup baik, cuma kami akan menahan kredit valas untuk tumbuh secara signifikan seperti yang terjadi pada 2010," ujarnya beberapa waktu lalu.Dia menjelaskan hingga September 2010, kredit valas yang telah disalurkan mencapai US$4 miliar dengan loan to deposit ratio (LDR) mencapai 85%. "Sebagian besar [penyaluran kredit] berasal dari korporasi," katanya. (yes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Errol Poluan
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper