Sabtu, 25 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Di Jabar, inflasi terkatrol lonjakan harga emas

Editor   -   Senin, 05 September 2011, 16:15 WIB

BERITA TERKAIT

 

BANDUNG: Harga komoditas emas di berbagai kota besar di Jawa Barat yang naik signifikan rata-rata 7,52% memberikan andil inflasi yang cukup tinggi selama Agustus 2011 di kawasan tersebut.
 
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar Lukman Ismail mengemukakan andil inflasi komoditas emas mencapai 0,07% dari total inflasi Jabar pada Agustus 2011 sebesar 0,54%.
 
Dia memperkirakan komoditas emas akan terus berpeluang memberikan andil inflasi cukup besar jika harga komoditas tersebut terus merangkak naik.
 
"Kenaikan harga emas itu dipengaruhi oleh pasar internasional dan tentunya akan sulit untuk mengendalikan laju kenaikan harganya di Jabar karena terkait hukum pasar internasional. Di sisi lain, kebutuhan perhiasan emas juga melonjak terutama menghadapi Idulfitri," katanya hari ini.
 
Berdasarkan data BPS Jabar kenaikan harga emas tertinggi pada Agustus 2011 lalu terjadi di Kota Sukabumi mencapai 14,42%.
 
Setelah itu, Kota Depok 12,88%, Kota Cirebon 10%, Kota Bogor 9,77%, Kota Bekasi 7,29%, Kota Tasikmalaya 5,95%, dan Kota Bandung 3,20%.
 
Kenaikan harga emas memberikan andil tertinggi terhadap andil inflasi Jabar selama Agustus. Pemberi andil inflasi berikutnya yaitu daging sapi, angkutan antar kota, dan beras sebesar 0,05%. "Kenaikan harga-harga itu berhubungan pula dengan adanya masuknya Ramadan dan Idulfitri."
 
Lukman mengatakan beberapa komoditas dan jasa memang mengalami deflasi seperti bawang merah yang mengalami deflasi –0,14%, bawang putih –0,07%, dan telur ayam ras -0,05%, dan lain-lain.
 
Sementara itu, deflasi yang terjadi pada komoditas maupun jasa tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan komoditas atau jasa yang mengalami inflasi. 
 
"Barang dan jasa yang mengalami deflasi tentunya cukup menahan kenaikan laju inflasi pada Agustus lalu," katanya. (sut)

 


Source : Yanto Rachmat Iskandar

Editor : Sutarno

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.