Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KURS 2012: Rata-rata nilai tukar bakal Rp9.000

 

 

JAKARTA : Pemerintah memperkirakan rata-rata kurs sepanjang tahun ini mencapai Rp9.000 per dolar AS sejalan dengan proyeksi positif pemulihan ekonomi Negeri Paman Sam.   
 
Bambang Permadi Sumantri Brodjonegoro, Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal, mengatakan pergerakan positif nilai tukar rupiah pada 2011 tidak akan terulang lagi pada tahun ini, seiring dengan apresiasi dolar AS. 
 
Adapun, penguatan dolar tidak terlepas dari perekonomian AS yang mulai tumbuh setelah dihempas krisis keuangan pada 2008. 
 
"Rupiah akan ada di kisaran Rp8.800 hingga Rp9.000 per dolar AS sepanjang 2012," ujarnya seusai acara penandatanganan Surat Jaminan Kelayakan Usaha (SKJU) proyek PLTP Muaralaboh dan Rajabasa di kantor pusat Kemenkeu, Jumat, 2 Maret 2012.
  
Kendati rupiah melemah, kata Bambang, fenomena tersebut akan memperkuat  neraca pembayaran, terutama neraca perdagangan, yang surplusnya makin tergerus. Depresiasi rupiah tersebut juga akan mendukung kegiatan ekspor yang pertumbuhannya tengah melambat. 
 
"Kami melihat dengan kurs melemah sekitar Rp9.000, hal itu membantu neraca pembayaran. Kami melihat trade balence agak menurun, meski masih positif, tetapi ekspor melambat. Mudah-mudahan kurs ini lebih friendly terhadap dunia usaha," tuturnya. 
 
Proyeksi kurs tersebut, lanjut Bambang, menjadi asumsi baru yang akan diusulkan pemerintah dalam pembahasan revisi APBN 2012. Dalam APBN 2012, kurs rupiah dipatok sebesar Rp8.800 per dolar AS. (spr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :
Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper