Senin, 21 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

EKONOMI DUNIA: Waspadai Dumping, Pengamanan Pasar Domestik Diperketat Pemerintah

Hedwi Prihatmoko   -   Selasa, 12 Maret 2013, 18:53 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA--Pemerintah mewaspadai adanya praktek dumping sebagai dampak dari perlambatan ekonomi dunia.

Amalia Adininggar Widyasanti, Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerjasama Ekonomi Internasional Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, mengatakan praktek dumping ini berisiko terjadi karena adanya penurunan permintaan global.

Akibatnya, negara eksportir besar seperti China akan memanfaatkan pasar dari negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup bagus seperti Indonesia.

“Untuk itu kita ada upaya pengamanan pasar domestik, misalnya dengan bea masuk anti-dumping, mekanisme safeguard, dan standarisasi produk untuk alasan kesehatan,” katanya di kantornya, Senin (11/3/2013).

Namun, Amalia menyarankan langkah pengendalian impor itu jangan sampai menghambat sektor bisnis, terutama yang terkait dengan impor barang modal dan bahan baku penolong.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan impor barang modal pada Januari 2013 mengalami penurunan sebesar 12,1% year-on-year. Sebaliknya, impor bahan baku atau penolong mengalami kenaikan 14,68% year-on-year.

Adapun, impor barang konsumsi mengalami penurunan terbesar sebanyak 16,44% year-on-year dalam waktu yang sama.(C26/yop)


Editor : Other

 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.