Bisnis Indonesia - bisnis.com
Selasa, 03 Maret 2015

PERUSAHAAN PEMBIAYAAN: Masih Ada Kelemahan, Fidusia Online Pangkas Waktu & Biaya

Bambang Supriyanto Senin, 22/04/2013 20:33 WIB
PERUSAHAAN PEMBIAYAAN: Masih Ada Kelemahan, Fidusia Online Pangkas Waktu & Biaya

BISNIS.COM,JAKARTA -- Sistem pendaftaran fidusia online memangkas waktu pendaftaran menjadi lebih singkat dibandingkan dengan sebelumnya yang  memakan waktu berbulan-bulan.

Namun, pendaftaran fidusia secara online yang diperkenalkan pada 5 Maret 2013 tersebut masih memiliki kelemahan. Salah satu yang paling utama adalah bahwa pendaftaran fidusia online harus dilakukan oleh notaris, sehingga masih membutuhkan pihak ketiga.

“Industri meminta agar pendaftaran dapat dilakukan oleh perusahaan pembiayaan sehingga lebih ringkas,” kata  Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Wiwie Kurnia dalam seminar Sosialisasi Pendaftaran Fidusia Online, Senin (22/4).

Pendaftaran fidusia oleh perusahaan multifinance juga dapat memangkas biaya, karena notaris hanya akan membebankan biaya pembuatan akte kepada perusahaan pembiayaan.

Selama ini, kata Wiwie, biaya pendaftaran fidusia tidak standar bahkan menjadi mahal karena proses pendaftarannya yang membutuhkan banyak waktu dan melibatkan beberapa pihak.

Padahal, biaya pendaftaran fidusia untuk barang seperti kendaraan bermotor dengan nilai penjaminan sampai dengan Rp50 juta hanya Rp25.000, sedangkan untuk barang dengan nilai Rp50 juta-Rp100 juta sebesar Rp50.000.

Apps Bisnis.com available on:    
Ayo vote dan share artikel favoritmu di sini!
Ikuti Lomba Menulis – HEMAT ENERGI SECARA TOTAL dan menangkan hadiah utama Rp 50 juta. Klik di sini!
Angpao Imlek dari epaper Bisnis Indonesia, langganan seumur hidup Rp18 juta diskon 18%. Cuan buat semua. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
more...