Kamis, 17 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

MENTERI KEUANGAN BARU: Chatib & DPR diharapkan lebih harmonis

Ahmad Puja Rahman Altiar   -   Senin, 20 Mei 2013, 19:28 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA--DPR berharap Chatib Basri sebagai menteri keuangan yang baru dapat menjaga koordinasi dengan pemerintah dan harmonis dengan parlemen.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis menilai Chatib harus mampu berkoordinasi Presiden dan menteri lainnya lalu menjaga hubungan yang harmonis dengan DPR dalam perumusan kebijakan yang mensejahterakan rakyat.

"Dia harus cocok dengan Presiden dan belanjar dari menkeu terdahulu yang gagal meloloskan kebijakan di hadapan DPR," kata Harry saat dihubungi Bisnis pada Senin (20/5/2013).

Harry mengaku tidak terlalu mengenal Chatib karena selama ini, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu bekerjasama dengan Komisi VI DPR yang mengurusi investasi.

Setelah menjadi Menteri Keuangan, Chatib akan bekerjasama dengan Komisi VI DPR yang mengurusi keuangan negara. Harry berharap Chatib telah memahami sepenuhnya undang-undang tentang keuangan negara.

"Tugas Menkeu tidak hanya menggenjot investasi, tapi juga harus memahami undang-undang keuangan negara, termasuk perpajakan. Dia harus sudah memahami itu. Tidak ada waktu belajar lagi karena masa jabatannya tinggal setahun," jelas Harry.

Ketua Komisi VI DPR RI Airlangga Hartarto mengatakan tantangan awal bagi Chatib sebagai Menkeu yang baru adalah persiapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013.

Adapun tantangan jangka panjang, menurut Airlangga, adalah peningkatan daya saing Indonesia yang terus melemah akibat lambatnya pembangunan infrastruktur dan tingginya ketidakpastian dalam iklim bisnis.

"Seringnya gonta-ganti  kebijakan membuat ketidakpastian meningkat, apalagi disertai ketidakpastian makro ekonomi akibat rencana kompensasi kenaikan harga BBM yang belum terprogram dengan baik," jelas Airlangga kepada Bisnis pada Senin (20/5/13).  (ra)


Editor : Rustam Agus

 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.