Sabtu, 19 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

ANGGARAN BLSM: Komisi VIII Limpahkan Keputusan ke Banggar

Hedwi Prihatmoko   -   Rabu, 29 Mei 2013, 21:15 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA— Komisi VIII DPR RI melimpahkan keputusan akhir tambahan anggaran untuk bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

Sayed Fuad Zakaria, Wakil Ketua Komisi VIII, mengatakan hasil kesimpulan dari Komisi VIII hanya akan melakukan pendalaman untuk memastikan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan sesuai dengan program percepatan dan perluasan perlindungan sosial (P4S).

 “Kesimpulan terakhir di Banggar. Itu kita dukung berapa pun bisa dibantu,” katanya seusai rapat kerja Komisi VIII DPR RI dengan pemerintah, Rabu (29/5/2013) malam.

Dalam rapat kerja tersebut, pembahasan BLSM tidak menjadi fokus utama. Politisi Partai Golkar ini juga menyatakan tidak mempermasalahkan besaran anggaran BLSM yang diusulkan oleh pemerintah.

 “Itu tidak masalah, yang pasti kami akan melakukan pendalaman teknis lagi,” ujarnya.

Pemerintah mengusulkan penambahan anggaran dalam RAPBN-P 2013 untuk BLSM sebesar Rp11,65 triliun. Besaran BLSM yang diusulkan senilai Rp150.000 yang ditujukan bagi 15,53 juta rumah tangga sasaran selama 5 bulan.

Selain itu, terdapat juga penambahan alokasi anggaran sebesar Rp406,7 miliar untuk safeguarding penyaluran BLSM.

Secara total, kebutuhan tambahan anggaran yang terkait dengan program BLSM ini sebesar Rp12,05 triliun. Dalam catatan Komisi VIII, alokasi dana saat ini yang tersedia untuk rencana BLSM masih terdapat kekurangan sebesar Rp46,7 miliar.

Kekurangan sebesar Rp46,7 miliar itu diperuntukkan bagi biaya operasional pelaksanaan dan koordinasi lintas sektor dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) serta pekerja sosial masyarakat (PSM). (ltc)

 

 

 

 

 

 


Editor : Linda Teti Silitonga

 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.