Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA BBM NAIK: Buruh Akan Demo Besar-besaran 17-18 Juni

BISNIS.COM, JAKARTA-Konferderasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia siap menggelar demonstrasi besar-besaran menolak kenaikan harga BBM bersubsidi karena dinilai justru memberatkan kehidupan kaum buruh."Buruh akan mulai melakukan aksi besar-besaran serempak

BISNIS.COM, JAKARTA-Konferderasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia siap menggelar demonstrasi besar-besaran menolak kenaikan harga BBM bersubsidi karena dinilai justru memberatkan kehidupan kaum buruh.

"Buruh akan mulai melakukan aksi besar-besaran serempak 17 atau 18 Juni di DPR RI," kata Presiden KSPI Said Iqbal.

KSPI akan mengorganisasi buruh di berbagai tempat untuk demonstrasi tersebut, di antaranya Jabodetabek, Karawang, Purwakarta, Bandung, Serang, Semarang, Surabaya, Mojokerto, Pasuruan, Yogyakarta, Batam, Karimun, Bintan, Medan, Aceh, Lampung, Makasar, Manado, Gorontalo, Samarinda, dan Papua.

Menurut Iqbal, ada empat alasan buruh menolak kenaikan harga tersebut. Pertama, kenaikan harga BBM bersubsidi Rp2.000 per liter, akan mengakibatkan daya beli buruh turun 30% sehingga kenaikan upah minimal tahun lalu rata-rata sebesar 30% menjadi sia-sia.



"Dengan kata lain, buruh menjadi miskin lagi," katanya.



Kedua, pemerintah belum mau menggunakan pengalihan subsidi BBM untuk melaksanakan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat pada tanggal 1 Janurai 2014.

"Akan tetapi, malah mau menjalankan jaminan kesehatan tersebut secara bertahap pada tahun 2019. Terus apa manfaat pengalihan subsidi BBM tersebut," katanya.

Ketiga, pemerintah tidak tegas mengalihkan subsidi untuk transportasi publik dan perumahan untuk buruh. Padahal, dua hal ini mahal harganya untuk buruh.

Keempat, KSPI menolak pemberian bantuan langsung sementara masyarakat karena tidak menyelesaikan kemiskinan. "Hanya seperti sinterklas menjelang pemilu," katanya.(antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper