Jum'at, 21 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Uang Baru, Inilah Lokasi Tempat Penukaran

Fahmi Achmad   -   Rabu, 10 Juli 2013, 17:14 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JAKARTA-- Bank Indonesia bekerja sama dengan 12 bank untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil masyarakat di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bank akan menyediakan layanan penukaran uang di Monas pada 10 Juli hingga 2 Agustus 2013, pukul 9.00 hingga 14.00 WIB.

Peter Jacobs Direktur Departemen Komunikasi BI mengatakan pihaknya telah mengantisipasi kebutuhan transaksi masyarakat dengan mempersiapkan sistem pembayaran tunai dan non tunai, dalam menyambut bulan Puasa dan Lebaran tahun ini.

“Untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat, penukaran dapat dilakukan dengan membawa kartu ATM/debit dan kemudian dananya ditukarkan dengan uang pecahan kecil,” tukas Peter dalam pernyataan resmi Rabu (10/7/2013).

Layanan penukaran juga disediakan di 60 titik kantor bank, stasiun kereta api (Kota, Gambir, Senen, Tanah Abang dan Jatinegara), serta pasar-pasar tradisional. Untuk di wilayah lainnya, Kantor Perwakilan BI di daerah-daerah juga telah bekerja sama dengan bank-bank untuk menyediakan layanan penukaran UPK di berbagai lokasi. Seluruh layanan penukaran ini bersifat cuma-cuma atau gratis.

BI memproyeksikan kebutuhan Uang Pecahan Kecil/UPK pada Ramadan dan Lebaran tahun ini sebesar Rp9,7 triliun.

Di samping itu, katanya, untuk memfasilitasi kebutuhan transfer dana, per 15 Juli 2013, transfer dana antar jaringan pembayaran domestik sudah dapat digunakan untuk bank-bank yang merupakan anggota dari jaringan Alto, ATM Bersama dan Prima.

Selain itu, transfer dari orang ke orang (P to P transfer) melalui operator telekomunikasi (Indosat, Telkomsel, dan XL) juga telah dapat digunakan.


Editor : Ismail Fahmi

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.