Kamis, 24 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

Per Juli, Transaksi RTGS Capai Rp9.130 Triliun

Novita Sari Simamora   -   Selasa, 20 Agustus 2013, 20:21 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JAKARTA -Transaksi RTGS (real time gross settlement)  sampai Juli 2013 mencapai Rp9.130 triliun, meningkat dari posisi periode sama tahun lalu sebesar Rp7.393 triliun.

Berdasarkan data Bank Indonesia, peningkatan nilai RTGS itu sejalan dengan volume transaksi dari posisi 1,53 juta transaksi pada Juli 2012 menjadi 1,61 juta transaksi pada Juli 2013. Sedangkan pada transaksi pada Juni 2013 sebanyak 1,33 juta dengan nilai sebesar Rp7.051 triliun.

RTGS merupakan sistem transfer dana elektronik yang penyelesaian setiap transaksinya dilakukan dalam waktu seketika.

BI-RTGS berperan khusus dalam pemrosesan aktivitas pembayaran yang termasuk high value payment system (HVPS) atau transaksi bernilai besar yakni transaksi Rp100 juta ke atas dan bersifat segera (urgent).

Data Bank Indonesia menjelaskan transaksi HPVS saat ini mencapai 90% dari seluruh transaksi pembayaran di Indonesia sehingga dapat dikategorikan sebagai sistem pembayaran nasional yang memiliki peranan signifikan.


Editor : Yusran Yunus

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.