Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 35 buah kerja sama berbagai bidang ditandatangani oleh pemerintah dan pebisnis Indonesia dengan pemerintah dan pebisnis negara asing dalam sepekan terakhir.

Pada hari ini (7/10/2013) tepat pukul 11.30 Wita di Bali, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono bersama Presiden Peru Ollanta Humala menyaksikan penandatanganan dua buah kesepakatan antara RI dan Peru.

Dua buah kesepakatan itu yakni persetujuan tentang Pengelolaan Perjanjian Internasional yang ditandatangani oleh Menlu RI Marty M. Natalegawa dan Menlu Peru Eda Rivas serta nota kesepahaman tentang kerja sama bidang pertanian yang diteken oleh Mentan Suswono dan Menlu Eda Rivas.

Satu setengah jam sebelumnya pada hari yang sama, SBY juga menyaksikan penandatanganan MoU Rencana Aksi Tahun 2014 - 2018 tentang Penerapan Kerja Sama Strategis yang ditandatangani oleh Marty dan Menlu Republik Sosialis Vietnam Pham Binh Minh.

Masih pada hari yang sama, kurang lebih 15 menit kemudian, SBY bersama Perdana Menteri Papua Nugini Peter Charles O'Neill menyaksikan penandatanganan MoU Rencana Aksi tentang Penerapan Kerja Sama Komprehensif oleh Marty dan Menlu Papua Nugini Rimbink Pato.

Pada Minggu (6/10/2013) sore, SBY juga menyaksikan penandatanganan sebanyak empat nota kesepahaman antara Indonesia dan Meksiko. Saat itu SBY ditemani Presiden Meksiko Enrique Pena Neito.

Empat nota kesepahaman RI-Meksiko a.l. persetujuan Perhubungan Udara yang ditandatangani oleh Menhub RI E.E. Mangindaan dengan Menlu Meksiko Jose Antonio Meade.

Kedua, amandemen protokol tentang persetujuan pencegahan pajak berganda dan penggelapan fiskal yang ditandatangani oleh Menkeu RI Chatib Basri dan Menlu Meksiko.

Ketiga, nota kesepahaman kerja sama kesehatan yang ditandatangani oleh Menkes RI Nafsiah Mboi dan Menlu Meksiko.

Keempat, nota kesepahaman tentang kerja sama pariwisata yang ditandatangani oleh Menparekraf RI Mari Elka Pangestu dan Menpar Meksiko Claudia Ruiz Massieu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper