Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Forum Pemred Cetuskan 8 Komitmen Jakarta, Minta GBHN Dikembalikan

Para pemimpin redaksi yang tergabung dalam Forum Pemimpin Redaksi menyarankan GBHN dikembalikan untuk menjamin kesinambungan pembangunan Indonesia.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemimpin redaksi yang tergabung dalam Forum Pemimpin Redaksi menyarankan GBHN dikembalikan untuk menjamin kesinambungan pembangunan Indonesia.

Ketua Forum Pemred Nurjaman menyampaikan ide tersebut sebagai salah satu dari 8 poin Komitmen Jakarta di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (11/12/2013).

Forum Pemred, jelasnya, menilai haluan negara penting untuk menetapkan arah utama kebijakan pembangunan jangka panjang Indonesia.

Acuan tersebut harus disusun untuk menjamin pembangunan yang terencana, terpadu dan berkelanjutan dari satu pemerintahan ke pemerintahan lain. “Yang disusun dengan melibatkan segenap lembaga perwakilan dan pemangku kepentingan,” kata Nurjaman.

Poin lain dari 8 Komitmen Jakarta adalah kesepakatan memperkokoh Indonesia sebagai rumah kebahagiaan dengan fondasi Pancasila, perjuangan politik untuk membentuk negara yang melindungi, menyejahterakan, mencerdaskan bangsa, dan konsolidasi demokrasi berdasarkan konstitusi.

Forum Pemred juga berkomiten mendorong penyempurnaan lembaga perwakilan dan sistem politik, penataan kembali otonomi daerah, dan pemulihan wibawa hukum. 

Poin terakhir dari kesepakatan yang dirumuskan dalam ‘Kongres Kebangsaan’ tersebut adalah mendorong MPR untuk menindaklanjuti Komitmen Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper