Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bidik Bank Menengah, Eximbank Minta Tambah Modal Rp2 Triliun

Indonesia Eximbank minta tambahan modal dari pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2 triliun pada 2015 mendatang agar bisa masuk dalam kelompok bank menengah.

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia Eximbank minta tambahan modal dari pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2 triliun pada 2015 mendatang agar bisa masuk dalam kelompok bank menengah.

I Made Gde Erata, Ketua Dewan Direktur merangkap sebagai Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, mengharapkan pemerintah kembali menambah modal minimum Rp2 triliun.

"Tahun depan kami mengajukan Rp2 triliun, tahun ini kami mengajukan Rp2 triliun dan dibolehkan Rp1 triliun," ujarnya, Kamis (17/1/2014).

Lembaga Pembiayaan Ekspor dan Impor (LPEI) ditargetkan menjadi bank kelas menengah dengan penambahan modal Rp10 triliun, pinjaman Rp40 triliun, sehingga total asset mencapai Rp50 triliun. Untuk itu, rasio utang terhadap ekuitas (DER) sebesar 400%.

Tahun ini, sambungnya, obligasi dan sindikasi outstanding Eximbank masing-masing sebesar Rp12 triliun. Sindikasi valuta asing tahun ini ditargetkan mencapai US$800 juta.

"Kami nanti akan melakukan pinjaman baru setelah laporan keuangan keluar Maret, kemungkinan funding pada kuartal II April-Mei," paparnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Harry Azhar Aziz meminta pemerintah dapat menyuntik modal kepada Eximbank lebih banyak. Pasalnya, dia berharap Eximbank dapat sejajar dengan bank-bank BUMN lain seperti Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN.

"Semangatnya kami di Komisi IX ingin menjadikan bank ini sebagai salah satu bank besar. Saya ingin Eximbank nilainya sama seperti bank BUMN lain, minimal BTN," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper