Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei BI: Jelang Pemilu, Konsumen Makin Optimistis

Menjelang Pemilihan Umum yang akan digelar pada April dan Juli mendatang, masyarakat Indonesia optimistis perekonomian negara akan membaik. Apa alasannya?
Bank Indonesia/Bisnis.com
Bank Indonesia/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang pemilihan umum yang akan digelar pada April dan Juli mendatang, masyarakat Indonesia optimistis perekonomian negara akan membaik.

Dalam laporan hasil survei Bank Indonesia yang dipublikasikan Rabu (5/3/2014), menyebutkan survei konsumen pada Februari 2014 menunjukkan keyakinan konsumen masih cukup tinggi.

Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) 116,2 yang masih berada pada level optimistis, meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan IKK bulan sebelumnya sebesar 116,7.

Optimisme yang masih kuat ini ditopang oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dibandingkan 6 bulan sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang naik dari 110,9 pada Januari 2014 menjadi 111,7 pada Februari 2014.

Perkembangan positif terutama terlihat pada kenaikan IKE di beberapa daerah seperti di kota Ambon (16,3 poin) dan Makassar (14,1 poin).

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang yang tercermin pada Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sedikit menurun meskipun tetap berada dalam teritori optimis.

Penurunan IEK terbesar terjadi di Pangkal Pinang (-21,5 poin) dan Surabaya (-16,2 poin).

Keyakinan konsumen yang masih tinggi juga didukung oleh ekspektasi harga yang masih terkendali. Hasil survei yang sama menunjukkan adanya penurunan ekspektasi kenaikan harga pada 3 dan 6 bulan mendatang.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan responden terkait hal ini adalah kembali normalnya permintaan pasca bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri serta tren penguatan nilai tukar rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper