Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Ambil 4 Pelajaran Penting dari Kondisi Ekonomi 2013

Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo mengatakan secara umum kondisi perekonomian Indonesia pada tahun lalu dalam kondisi yang menantang. Namun, Indonesia dinilai mampu melewati kondisi tersebut dengan baik.

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia meluncurkan buku Laporan Perekonomian Indonesia 2013 yang berisi kondisi perekonomian nasional sepanjang tahun lalu.

Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo mengatakan secara umum kondisi perekonomian Indonesia pada tahun lalu dalam kondisi yang menantang. Namun demikian Indonesia dinilai mampu melewati kondisi tersebut dengan baik.

“Setidaknya, ada empat pelajaran yang dapat diambil dari tahun lalu yakni disiplin, integrasi respons kebijakan, ketahanan sistem keuanga dan bagaimana menjaga stabilitas ekonomi,” katanya, Rabu (2/4/2014).

Menurut Agus, pelajaran pada tahun lalu dapat dijadikan pijakan untuk menentukan arah kebijakan pada tahun ini untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi serta menutup defisit transaksi berjalan.

Dalam menjaga pertumbuhan ekonomi dan stabilitas sistem keuangan, BI bekerja sama dengan pemerintah untuk menentukan strategi jangka pendek dan jangka menengah dalam merespons tantangan ekonomi global dan nasional.

Dalam hal ini, BI akan fokus pada kebijakan moneter dalam kerangka kebijakan makroprudential yang merupakan bagian dari wewenang Bank Sentral.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Keuangan bertanggung jawab untuk mengatur kebijakan fiskal yang sesuai dengan arah kebijakan yang disepakati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper