Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIMB Niaga, BII, OCBC NISP, dan UOBI Kompak Diganjar AAA Fitch Ratings

Empat bank campuran di Indonesia kompak mendapatkan peringkat nasional AAA dari lembaga pemeringkat Fitch Ratings bagi surat utang atau obligasi senior.

Bisnis.com, JAKARTA--Empat bank campuran di Indonesia kompak mendapatkan peringkat nasional AAA dari lembaga pemeringkat Fitch Ratings bagi surat utang atau obligasi senior.

Dikutip dari Reuters, Rabu (16/4/2014), keempat bank tersebut antara lain PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Internasional Indonesia Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, dan PT Bank UOB Indonesia.

Fitch juga telah memberikan peringkat Internasional Jangka Pendek Mata Uang Asing IDR 'F3' untuk CIMB Niaga dan peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1+(idn)' untuk CIMB Niaga, BII dan UOBI.

Peringkat nasional pada kategori 'AAA(idn)' menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan Fitch terhadap skala peringkat nasional untuk Indonesia.

Peringkat ini diberikan kepada emiten atau surat utang dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang relatif terendah terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia.

Sementara itu, peringkat Nasional 'F1' mengindikasikan kapasitas membayar komitmen keuangan secara tepat waktu relatif paling kuat terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia.

Dalam skala peringkat nasional Fitch, peringkat ini diberikan kepada risiko gagal bayar relatif terendah terhadap yang lain di Indonesia. Apabila profil likuiditas secara spesifik kuat, tanda "+" ditambahkan kepada peringkat yang diberikan.

Afirmasi peringkat Internasional IDR dan peringkat Nasional Jangka Panjang mencerminkan dukungan dan hubungan yang kuat dari/dengan pemegang saham mayoritas untuk keempat bank tersebut.

Afirmasi peringkat viabilitas CIMB Niaga, BII dan OCBC NISP mencerminkan waralaba yang moderat dan profil kredit independen yang stabil secara umum dari bank-bank tersebut dengan bertambahnya tekanan dengan menurunnya tingkat profitabilitas empat bank tersebut dan melemahnya kualitas aset (CIMB Niaga dan BII).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper