Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MasterCard: Konsumen Indonesia Jarang Beri Tip

Sebagian konsumen di Indonesia ternyata tak terlalu royal memberikan tip setelah makan di restoran maupun berkunjung ke bar
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—Sebagian konsumen di Indonesia ternyata tak terlalu royal memberikan tip setelah makan di restoran maupun berkunjung ke bar.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh MasterCard di 16 negara Asia Pasifik diketahui Indonesia hanya menempati urutan kedelapan di mana 33% konsumen terbiasa memberikan tip. Survei dilakukan sejak Oktober hingga November 2013 melibatkan 7.932 responden berumur 18 tahun hingga 64 tahun.

Hasil survei yang menjadi bagian dari riset bertajuk MasterCard Purchasing Priorities itu menyebutkan secara umum masyarakat Indonesia semakin hati-hati memberikan uang tip. Dibandingkan survei yang sama tahun lalu terjadi penurunan 7%.

Konsumen Bangladesh juga lebih berhati-hati dengan pengeluarannya. Pada survei sebelumnya Bangladesh menjadi negara yang paling dermawan dengan capaian 88%. Kini mereka bertengger di peringkat kedua dengan 80%.

Adapun bagi konsumen di Thailand memberikan uang tip merupakan hal yang umum dilakukan. Sebanyak delapan dari 10 konsumen di Negeri Gajah Putih selalu memberikan uang tip. Mereka pun berada di posisi teratas survei ini. Rata-rata di kawasan Asia Pasifik, empat dari 10 konsumen terbiasa memberikan uang tip setelah makan di restoran.

“Pemberian uang tip di Asia dapat membingungkan karena masing-masing negara memiliki pandangan yang berbeda terhadap hal tersebut,” ujar Georgette Tan, Group Head Communications Asia Pacific, Middle East and Africa MasterCard dalam siaran pers baru-baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper