Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELANG PILPRES: Indonesia Hadapi 3 Tantangan Sekaligus, Apa Saja?

Pakar ekonomi Firmanzah menyebutkan menjelang pemilu presiden atau tiga bulan ke depan (Mei-Juli), perekonomian nasional akan dihadapkan pada tiga tantangan sekaligus.
Ilustrasi tantangan ekonomi/JIBI
Ilustrasi tantangan ekonomi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Pakar ekonomi Firmanzah menyebutkan menjelang pemilu presiden atau tigabulankedepan (Mei-Juli), perekonomiannasionalakandihadapkanpadatigatantangansekaligus.

Ketiga tantangan tersebut kesiapan menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah; masalah stabilitaspolitik, keamanandanketertibanjelangmasakampanye, pemungutandanperhitungansuaraCapres-Cawaprespada 9 Juli 2014 dan tantanganuntukmelakukanpenguatan fundamental perekonomiansebagaiantisipasiketidakpastianarahpemulihanperekonomiandunia. 

 

Ketigatantangantersebutperlukitakeloladenganbaikditengahkonsentrasidanenerginasionalterfokuspadapersiapanmenungguperhitunganhasilpemilihanlegislatif (Pileg) oleh KPU danpersiapanjelangpemilihan presidendan wakil presiden 2014-2019,” tuturnya seperti dimuat pada situs resmi Seskab, Senin (21/4/2014).

 

Ia mengingatkan masa  tigabulankedepanadalahmasa-masakrusialbagiperekonomiannasional.

“Harus kita pastikanbahwa Indonesia mampumelewatitigatantangantersebut, sehinggahalinimenjadifondasikuatbagipemerintahanlimatahunkedepan 2014-2019,” ujar Firmanzah.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan itu menegaskan, untukterusmenjagaperekonomiannasionaltetaptumbuhpositif, meratadanberdaya-tahanmenghadapitigatantangan di atas, makakewaspadaansertakecepatandalam melakukanpolicy-responsessemakinkitaperlukan.

Menurutnya, pengambilkebijakannasional di bidangperekonomianperlu tetapfokusdanterusmeningkatkankoordinasilintaskementriandanlembagalainnyaseperti BI, OJK dan LPSS. Sementara  dukungandaripemerintahdaerahsangatlahdibutuhkan agar efektivitasimplementasisertaharmonisasikebijakandapatterusditingkatkan.

 

Transisikepemimpinanperlukitajagadenganbaik.Dan yang lebihpentinglagiadalahtetapmeningkatkankinerjaperekonomiannasionalmelaluipenuntasan agenda-agenda pembangunan di Indonesia,” tutur Firmanzah.

 

Terkait dengan tantangan kesiapan menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah, Firmanzah mengingatkan sepertitahun-tahunsebelumnya, sejumlahlangkahkebijakanperlu terusdioptimalkanuntukmenjaminkelancaranpasokankebutuhanpokok, mobilitasbarang-uang-manusia yang terusmeningkat di saatbulanpuasadanharirayaIdulFitripadatahunini.

 

Monitoring persediaannasionaldanpemantauanharga di sejumlahpasartradisionalbagikebutuhanpokoksepertiberas, gulapasir, minyakgoreng, tepungterigu, cabai, bawangputih, dandagingayam,  lanjut Firmanzah, juga perlu terusdilakukanuntukmenghindarilonjakanharga yang tidak normal.

 

Firmanzah juga meyakini, KementrianPekerjaanUmum(PU) akanmulaimendataruas-ruasjalanbaik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dandaerah lain untukmenjaminkelancaranarusmudiknasional.Adapun KementrianPerhubungan, diyakini Firmanzah, jugaakanmelakukankoordinasidankomunikasidenganpengelolajasatransportasibaikudara, daratdanlautuntukmenjagakenaikantarifftransportasidalambatas  yang wajar.

 

Khusus di PulauJawa, kitabersyukurbahwajalur-gandakeretaapi (double-track) Jakarta-Surabaya jalurpanturasepanjang 333 kilometer sudahdapatdioperasikantahunini. Hal iniakanmengurangi 30 persenmuatanbarang yang biasanyadiangkutmelaluitrukmelewatipanturaakanteralihkanmelaluijalurkeretaapi,” terangnya.

 

Terkaitdenganupaya menjagastabilitaskeamanandanketertibanselamapelaksanaanPilpresyang akandigelar 9 Juli 2014, Firmanzah berharapsemuapihakdapatterusmeningkatkanstabilitaspolitiknasional.

Hal inipentingmengingatstabilitaspolitikdankeamananmerupakanprasyaratutamabagipembangunanekonominasional,” tuturnya.

 

Firmanzah menilai kedewasaansertakematanganpolitisi, partaipolitik, masyarakatdan media sertakesiapanpenyelenggarapemiluseperti KPU, BawasludidukungolehKepolisiandan TNI akanmenentukantidakhanyastabilitasperpolitikandomestik tetapijugakeberlanjutanpembangunanekonominasional.

 

Berkacapada proses dankondusifnyaiklimpolitikselamasatutahunterakhir, sayaoptimistisbahwapilpresputaranpertamaakandapatkitalaluisecarabaik,”  paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper