Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi 2014 Diprediksi di Batas Atas Kisaran 4,5%-5,5%

Bank Indonesia menilai inflasi hingga akhir tahun berpotensi berada di batas atas kisaran 4,5-5,5% mengingat harga yang diatur pemerintah atau administered price mulai berjalan pada 1 Juli 2014.

Bisnis.com, JAKARTA—Bank Indonesia memprediksi inflasi hingga akhir tahun berpotensi berada di batas atas kisaran 4,5-5,5% mengingat harga yang diatur pemerintah atau administered price mulai berjalan pada 1 Juli 2014.

“Tren inflasi memang sudah cenderung ke atas. Tapi saya kira optimistis masih di range 4,5%-5,5%. Jadi saya mengharapkan upaya pengendalian inflasi di daerah betul-betul dilaksanakan,” ujar Gubernur BI Agus Martowardojo, Rabu (02/07/2014).

Dia menjelaskan pembentuk inflasi seperti volatile food dan administered price akan menjadi perhatian pemerintah pada saat bulan puasa dan menjelang Lebaran ini. Menurutnya, risiko inflasi dari administered price cukup besar.

Salah satu contoh pendorong administered price tersebut a.l. seperti tarif lapangan udara, dan juga pemotongan anggaran yang mempengaruhi public service obligation (PSO). Namun secara umum, inflasi hingga akhir tahun masih akan sesuai target pemerintah.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik mengumumkan inflasi Juni melaju 0,43%, didorong oleh kenaikan harga pangan menjelang bulan puasa, Namun, laju ini terendah dalam 5 tahun terakhir untuk periode yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Taufik Wisastra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper