Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fitch Soroti Komitmen Pemerintah Baru Lanjutkan Stabilisasi Ekonomi

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menyoroti niat pemerintahan baru Indonesia melanjutkan stabilisasi perekonomian ke arah yang lebih berkelanjutan menyusul hasil hitung cepat pasca-Pilpres 9 Juli yang mengunggulkan salah satu calon.nn

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menyoroti niat pemerintahan baru Indonesia melanjutkan stabilisasi perekonomian ke arah yang lebih berkelanjutan menyusul hasil hitung cepat pasca-Pilpres 9 Juli yang mengunggulkan salah satu calon.

Direktur Senior Surat Utang Fitch Ratings Andrew Colquhoun mengatakan prioritas stabilisasi dan keberlanjutan ekonomi menjadi pertanyaan penting untuk menentukan peringkat surat utang negara dalam 6-12 bulan mendatang.  

Fitch saat ini menyematkan peringkat BBB- dengan outlook stable terhadap surat utang Indonesia.

“Fokus jangka panjang kemungkinan akan bergeser ke pertanyaan sejauh mana pemerintahan baru melakukan reformasi struktural, dan apakah upaya ini akan mengembalikan negara pada pertumbuhan tinggi yang berkelanjutan,” katanya siaran pers, Kamis (10/7/2014).

Fitch melihat tak satu pun kemampuan kandidat mengimplementasikan dan mengeksekusi kebijakan di level nasional teruji. Rekam jejak capres Joko Widodo yang sudah lebih dulu menjadi Gubernur DKI Jakarta baru sedikit menawarkan panduan menuju prioritas kebijakan di tingkat nasional.

Selain itu, dia harus bekerja sama dengan parlemen di mana oposisi menjadi mayoritas – meskipun koalisi itu mungkin mencair jika kemenangan Jokowi terjadi.

Di sisi lain, capres lawan, Prabowo Subianto, mengangkat isu pinjaman yang lebih tinggi untuk mendanai investasi. Fitch, kata Colquhoun, akan menunggu untuk melihat apakah kebijakan itu diadopsi.

Jika demikian, bagaimana penerapannya, sebelum menentukan dampaknya terhadap kredit atau peringkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper