Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Juli Diprediksi di Bawah 1%

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan inflasi pada Lebaran kali ini takkan sebesar tahun lalu.

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan inflasi pada Lebaran kali ini takkan sebesar tahun lalu.

Kepala BPS Suryamin mengatakan penurunan tingkat inflasi ini salah satunya disebabkan oleh pergerakan harga yang relatif stabil menjelang Lebaran.

"Kalau kita lihat harga stabil, jadi dampaknya pada inflasi ya tidak terlalu tinggi," katanya saat mengunjungi Pasar Tradisional Klender SS, Jakarta Timur, Senin (21/7/2014).

Dia menduga nilai inflasi tak akan lebih tinggi dari Lebaran 2013. Tahun lalu, Lebaran jatuh di awal Agustus. Inflasi bulan itu tercatat pada level 1,12%. Adapun pada Juli 2013 inflasi bahkan melambung hingga 3,29%.

Senada Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo menilai angkanya boleh jadi di bawah 1%. "Juli mudah-mudahan lebih kecil dibanding tahun lalu. Padahal saya kira [inflasi] di atas 1%,"katanya.

Setali tiga uang Menteri Keuangan M. Chatib Basri pun merevisi proyeksinya terhadap inflasi Juli ini. "Saya kira bisa [di bawah 1%]. Ini jauh lebih baik, bahkan di luar dugaan saya, saya terus terang," katanya.

Hal ini, menurutnya, bisa terjadi karena manajemen pengendalian harga dan langkah pengendalian pasokan barang yang baik dari Kementerian Perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper