Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MENKEU Beberkan Bukti Pasar Respons Positif Presiden Terpilih Jokowi

Menteri Keuangan Chatib Basri memastikan respons pasar positif terhadap peristiwa terpilihnya Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019
 Presiden dan Cawapres terpilih Jokowi-JK/Bisnis
Presiden dan Cawapres terpilih Jokowi-JK/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Keuangan Chatib Basri memastikan respons pasar positif terhadap peristiwa terpilihnya Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2014-2019.

Dia mengatakan respons pasar yang dapat dilihat dari pergerakan rupiah, indeks saham, dan obligasi pasar cukup baik.

Berdasarkan Bloomberg Dollar Index, rupiah dibuka di level Rp11.526 per dolar AS atau menguat 0,69% pada hari ini. Sementara kemarin, rupiah bertengger di level Rp11.606 per dolar AS (melemah 0,29%).

Adapun kurs tengah BI pada hari ini menunjukkan rupiah bertengger di level Rp11.498 per dolar AS, menguat dibandingkan Rp11.531 per dolar AS pada Selasa (22/7).

"Jadi kalau lihat dari respons pasar sejauh ini positif. Respons kemarin sampai pagi ini cukup baik," ujarnya di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresiden, Jakarta, Rabu (23/2/2014).

Selain indikator tersebut, Chatib juga mengemukakan adanya minat yang tinggi terhadap surat utang.

Dia menyebutkan incoming bid atau jumlah penawaran atas surat utang pada hari pengumuman resmi hasil rekapitulasi suara oleh KPU kemarin mencapai sekitar Rp19,5 triliun.

Karena minat yang tinggi tersebut, pemerintah yang semula berencana mengambil Rp10 triliun, akhirnya memutuskan mengambil Rp13,5 triliun.

"Saya kira ini hal yang baik. Bahwa selama prosesnya berjalan dengan damai, maka kita juga akan bisa menjaga stabilitas makro," ujarnya.

Chatib berharap penetapan resmi KPU atas terpilihnya Jokowi dan JK sebagai Presiden RI 2014-2019 akan membuat pasar relatif stabil.

"Ini adalah hal penting," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper