Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA PERBANKAN: Laba CIMB Niaga Turun

PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) membukukan laba bersih senilai Rp1,95 triliun pada semester I/2014, turun 8,5% dibandingkan Rp2,13 laba pada periode sama tahun lalu.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) membukukan laba bersih senilai Rp1,95 triliun pada semester I/2014, turun 8,5% dibandingkan Rp2,13 laba pada periode sama tahun lalu.

Penurunan laba terjadi karena peningkatan pendapatan tidak setinggi dengan peningkatan biaya operasional. Biaya operasional pada semester I/2014 naik 8,6%, sedangkan pendapatan bunga bersih hanya tumbuh 4,0%.

Di sisi lain, sumber pendapatan berbasis biaya (fee based income) juga menurun 5,9% menjadi Rp1,51 triliun.

Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid mengakui kondisi operasional bank pada paruh pertama tahun ini cukup menantang. Kondisi makroekonomi yang melemah juga berdampak pada kualitas aset.

Pada semester I/2014, CIMB Niaga mencatatkan rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) gross sebesar 2,97%, naik dibandingkan dengan posisi pada periode sama tahun lalu 2,25%.

“Kami terus berusaha memonitor kualitas aset,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (24/7/2014).

Adapun, penyaluran kredit hingga Juni 2014 mencapai Rp164,66 triliun, naik 9,1% year on year. Pada periode yang sama, dana pihak ketiga yang dihimpun mencapai Rp165,83 triliun, naik 10,6% year on year.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper