Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEI DENPASAR Catat Jumlah investor 5.679 Orang

PT Bursa Efek Indonesia Perwakilan Denpasar mencatat jumlah investor pasar modal di Bali periode Januari-Juli mencapai 5.679 orang, bertambah 14,98% dibandingkan dengan akhir 2013 sebanyak 4.939 orang.
Kantor perwakilan BEI Denpasar terus berupaya melakukan edukasi, sosialisasi  dan bekerjasama dengan OJK maupun sekuritas untuk menyebarkan informasi mengenai pasar modal. /Bisnis.com
Kantor perwakilan BEI Denpasar terus berupaya melakukan edukasi, sosialisasi dan bekerjasama dengan OJK maupun sekuritas untuk menyebarkan informasi mengenai pasar modal. /Bisnis.com

Bisnis.com, DENPASAR - PT Bursa Efek Indonesia Perwakilan Denpasar mencatat jumlah investor pasar modal di Bali periode Januari-Juli mencapai 5.679 orang, bertambah 14,98% dibandingkan dengan akhir 2013 sebanyak 4.939 orang.

Denpasar menjadi kota penyumbang investor terbanyak mencapai 3.894 orang, disusul Badung 825 orang, Gianyar 225 orang, Tabanan 221 orang, Buleleng 205 orang.

Kepala BEI Perwakilan Denpasar I Gusti Agung Alit Nityaryana mengatakan pertumbuhan investor ritel Pulau Dewata setiap tahun semakin lebih baik.

Menurutnya, hasil itu tidak terlepas berkat upaya pelaku pasar modal di daerah mengadakan kegiatan rutin secara gratis, seperti sekolah pasar modal dan forum calon investor. Edukasi itu membuat warga sudah semakin cerdas memilah investasi bodong dan sesuai aturan.

“Selain itu, tentunya atas kerjasama berbagai pihak seperti sekuritas, OJK, media, masyarakat dan institusi,” jelasnya Jumat (8/8/2014).

Menurutnya, kantor perwakilan BEI Denpasar terus berupaya melakukan edukasi, sosialisasi  dan bekerjasama dengan OJK maupun sekuritas untuk menyebarkan informasi mengenai pasar modal.

Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah Trading Simulation Competition, semacam pelatihan investasi saham secara teori dan praktek bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Udayana, dan Kresna Sekuritas.

Peserta akan diberikan pelatihan mengenai pasar modal dalam bentuk seminar mengenai dasar-dasar investasi di pasar modal, dan simulasi saham oleh sekuritas dengan masing-masing diberikan modal maya Rp1 miliar untuk selama seminggu (22-26 September).

Alit menambahkan peserta akan menggunakan modal itu sebagai media untuk belajar investasi saham.  "Jadi belajar investasi saham secara teori dan praktek," tegasnya.

Selain itu, peserta akan diajak untuk berkompetisi mengelola dana tersebut di pasar modal Indonesia dengan kondisi dan pergerakan yang sama persis dengan di BEI.

Hadiah totalnya Rp6 juta untuk 3 pemenang dan pelatihan khusus mengenai analisa pasar modal secara advance bagi 20 besar pemenang kompetisi tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper