Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UANG RUPIAH NKRI: Perlu Diapresiasi & Didukung

Guru Besar Universitas Udayana Prof. Dr. Wayan Windia menilai pemberlakuan uang rupiah kertas bertulis Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak Jumat (15/8) perlu mendapat apresiasi dan dukungan dari seluruh bangsa Indonesia.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, DENPASAR - Guru Besar Universitas Udayana Prof. Dr. Wayan Windia menilai pemberlakuan uang rupiah kertas bertulis Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak Jumat (15/8) perlu mendapat apresiasi dan dukungan dari seluruh bangsa Indonesia.

Pencantuman tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI pada uang tersebut merupakan bagian dari upaya mewujudkan cita-cita pendiri bangsa ini, kata Prof Windia yang kiga Ketua Dewan Harian (KDH) 1945 Bali di Denpasar, Sabtu.

"Dalam menjaga dan memelihara NKRI sesuai cita-cita pendiri Bangsa Indonesia, kini tampaknya mulai menghadapi tantangan, sehingga perlu sikap tegas dari pemerintah, bangsa dan negara untuk tetap dapat memegang teguh hal itu," kata Prof Windia.

Ia mengatakan hal itu menanggapi pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika menyampaikan RAPBN 2015 dan Nota Keuangannya dalam sidang paripurna DPR RI.

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2014, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, Pemerintah bersama Bank Indonesia mengumumkan bahwa rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp100.000 tahun emisi 2014 dinyatakan mulai diberlakukan, dikeluarkan, dan diedarkan di seluruh Indonesia.

Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) menjelaskan bahwa secara umum, desain uang rupiah kertas pecahan Rp100.000 tahun emisi 2014 itu tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan tahun emisi 2004 yang beredar saat ini.

Selain adanya tanda tangan Menkeu, perbedaan utama antara lain pada uang baru itu adalah adanya frasa "Negara Kesatuan Republik Indonesia" pada bagian muka dan belakang uang.

Windia yang juga mantan anggota DPR RI itu menambahkan uang rupiah kertas NKRI itu sekaligus diharapkan mampu memperkuat posisi nilai rupiah terhadap dolar maupun jenis mata uang negara lainnya.

Memperkuat posisi nilai rupiah terhadap dolar itu sangat penting, karena pelaku-pelaku kejahatan yang terungkap dalam melakukan suap menggunakan uang dolar.

"Hal itu sepertinya meremehkan terhadap nilai rupiah, karena dalam melakukan upaya penyuapan itu menggunakan uang dolar sehingga tampak lebih bergengsi. Pelaku-pelaku kejahatan seperti itu harus ditindak dengan hukuman yang lebih berat," harap Prof Windia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper