Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbankan Perlu Sosialiasi Penggunaan PIN Kartu Kredit

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia menilai sosialisasi penggunaan enam digit pin pada kartu kredit belum optimal.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia menilai sosialisasi penggunaan enam digit pin pada kartu kredit belum optimal. BI mendorong perbakan untuk melakukan kampanye masif guna menerapkan penggunaan pin enam digit pada kartu kredit yang akan mulai berlaku pada 1 Januari 2015.

Deputi Direktur Departemen Kebijakan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Yura Djalins mengatakan penggunaan enam digit harus segera diantisipasi oleh nasabah sehingga perbankan memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan hal itu.

“Perlu adakan kampanye yang masih karena akan berlaku mulai 1 Januari 2015. Itu kan pas tahun baru, jangan tiba-tiba nasabah kaget karena tidak bisa bertransaksi padahal sedang berlibur,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/8/2014).

Yura mengatakan para pengguna kartu kredit saat ini belum banyak memiliki pin tetapi masih menggunakan tanda tangan. Padahal penggunaaan enam pin bertujuan menjamin keamanan transaksi dan mengindari kartu kredit digunakan oleh orang lain yang bukan pemilik kartu kredit.

Menurutnya perbankan sudah berupaya dengan mengingatkan nasabah melalui slip tagihan kartu kredit, tetapi tidak banyak nasabah yang menghiraukan. Untuk itu, kampanye masif kepada pengguna kartu kredit sangat diperlukan.

“Sekarang sistemnya penjaga toko percaya saja dengan bukti paraf tetapi kalau dengan pin akan lebih aman,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper