Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI-KORSEL: Negosiasi IK-CEPA Kembali Dilanjutkan

Setelah sebelumnya berhenti sementara, pemerintah memberikan kembali peluang negosiasi terkait kerjasama rencana perjanjian bilateral Indonesia-Korea Selatan yang akan diwujudkan dalam Indonesia Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA).

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah sempat berhenti, pemerintah akan melanjutkan negosiasi terkait kerja sama bilateral indonesia-Korea Selatan dalam kerangka Indonesia Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA).

Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan pihaknya telah mengusulkan agar ada delegasi dari Korea yang memegang mandat penuh untuk bernegosiasi langsung dengannya bersama menteri-menteri terkait agar langsung terjadi kesepakatan.

“Kalau seandainya ini terus berunding sudah putaran 7, 8, 9, mau ngapain? Saya usulkan tadi, agar ada delegasi Korea yang pegang mandat penuh. Saya sendiri akan memimpin langsung negosiasi bersama menteri-menteri terkait lainnya dengan semangat win-win solution,” ujarnya seusai menerima pihak Kedubes Korea Selatan, Kamis (21/8/2014).

Chairul meyakini dengan diselesaikannya negosiasi tersebut, penandatanganan perjanjian IK-CEPA pun bisa dilakukan secepatnya.

Selama ini, paparnya, negosiasi buntu karena tidak sinkronnya tujuan kedua belah pihak, baik Indonesia maupun Korea. Pemerintah Indonesia ingin investasi besar-besaran dari Korea masuk ke Tanah Air. Sementara pihak Korea menginginkan adanya bea masuk 0%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper