Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Siap Ikut Biayai Transmisi Listrik Sumatra

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengaku siap membiayai pembangunan mega proyek transmisi listrik di Pulau Sumatra.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengaku siap membiayai pembangunan mega proyek transmisi listrik di Pulau Sumatra.

Perseroan bersama BUMN lainnya saat ini sedang menunggu hasil studi kelayakan/feasibility study dari PLN untuk proyek yang ditaksir menelan biaya Rp12 triliun itu.

Asnawi Syam, Direktur Bisnis Kelambagaan dan BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengatakan perseroan telah diminta oleh Menteri BUMN untuk ikut membiayai proyek tersebut bersama tiga bank BUMN lainnya.

"Pembahasan terkait besaran pembiayaan masing-masing bank belum final. Namun, yang pasti proyek itu rencananya tahun ini," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/8).

Aswani menjelaskan hingga sejauh ini belum ada mandat penunjukkan salah satu BUMN untuk proyek tersebut. Dalam rencana 4 Bank BUMN akan secara bersama-sama menggarap proyek itu.

Dia menjelaskan kajian studi kelayakan itu membutuhkan waktu karena terkait dengan pembebasan lahan dan pengerjaan konstruksi. "Nanti juga akan kerja sama dengan BUMN karya untuk pembangunannya," ujarnya.

Menteri BUMN Dahlan Iskan sebelumnya mengatakan Bank BUMN akan membentuk konsorsium dengan BPD di Sumatra sehingga tidak menggunakan pinjaman dari luar negeri.

"Dengan begitu tidak ada lagi pendanaan yang yang bersumber dari pinjaman luar negeri," tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper