Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kumpulkan Dana Zakat, Bank Diberi Insentif

Regulator berniat memberi insentif bagi perbankan yang membantu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengumpulkan zakat mengingat masih ada 98,6% potensi dana tersebut yang belum dihimpun dan dikelola.

Bisnis.com, JAKARTA--Regulator berniat memberi insentif bagi kalangan perbankan yang membantu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengumpulkan zakat mengingat 98,6% potensi dana tersebut yang belum dihimpun dan dikelola.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah mengatakan potensi dana zakat di Indonesia saat ini mencapai US$22 miliar atau lebih dari Rp257 triliun. Namun, dari semua potensi dana zakat tersebut, hingga kini pemerintah baru bisa memobilisasi sekitar 1,4% dana zakat.

"Saya kira itu baik dan akan kami pikirkan [pemberian insentif bagi bank yang mengumpulkan zakat], nanti dalam konferensi ini akan dibahas," ujar Halim di sela acara The 3rd International Conference on Inclusive Islamic Financial Sector Development, di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Halim mengatakan saat ini beberapa bank syariah memang telah membantu pengumpulan dana zakat. Dia berharap dengan adanya sistem pembayaran elektronik yang tengah digencarkan kalangan perbankan, mampu membantu pengumpulan dana zakat.

Menurut Halim, hingga kini baru ada Rp2,7 triliun dana zakat yang terhimpun. Padahal, potensi zakat di Indonesia setara dengan 3,4% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Adapun, dalam konferensi tersebut BI bersama BAZNAS dan beberapa pakar keuangan islam dunia berniat menjadi pelopor dalam menyusun prinsip pengelolaan zakat yang baik atau the zakat core principles.

Nantinya prinsip pengelolaan tersebut diharapkan bisa menjadi standar internasional yang kemudian dijadikan alat ukur sistem keuangan syariah di negara yang menjadi basis umat muslim.

Beberapa usulan yang akan menjadi standar pengelolaan zakat yaitu adanya undang-undang, badan, dan sistem yang menjamin pengelolaan zakat dengan lebih baik dan sehat.

Halim mengungkapkan dengan adanya konferensi ini diharapkan akan muncul strategi lainnya yang dapat meningkatkan pengumpulan dan pengelolaan dana zakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper