Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIPS KARTU KREDIT: Berikut Ini 6 Pertimbangan Kartu Kredit Tambahan dari Bank

Jika kamu memiliki riwayat pinjaman yang baik, maka penawaran kartu kredit tambahan entah dari penerbit yang sama atau berbeda akan datang secara teratur.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

 

Bisnis.com, JAKARTA - Jika kamu memiliki riwayat pinjaman yang baik, maka penawaran kartu kredit tambahan entah dari penerbit yang sama atau berbeda akan datang secara teratur.

Tentu kita tidak dapat menerima semua penawaran, tapi bukan berarti penawaran itu harus langsung dibuang ketempat sampah, karena kadangkala ada saja tawaran yang bagus.

Berikut beberapa tips yang disadur dari Nasdaq.com yang dirilis Sabtu (30/8/2014) waktu setempat untuk memilih penawaran kartu kredit tambahan terbaik:

1. Reward Sesuai Kebutuhan

Tidak peduli berapa besar reward yang ditawarkan, jika tidak sesuai dengan kebutuhan, maka tidak perlu untuk diterima.

Contoh: Anda akan dapat penerbangan gratis setelah 1.000 kali terbang dengan pembayaran via kartu kredit, tapi kita hanya terbang sekali setahun. Tentu kartu kredit ini tidak perlu diterima, akan lebih baik jika yang diterima adalah cash back atau reward lainnya.

2. Minta lebih jika memiliki plafond yang tinggi

Jika anda akan menutup kartu lama dan pindah ke kartu baru dengan plafond yang signifikan, tak ada salahnya anda meminta bonus.

Misalanya untuk mendapatkan fasilitas transfer gratis dengan bunga 0% selama 18 bulan. Walau terdengar murah dengan bunga transfer hanya 3% per bulan, akan tetapi dalam 18 bulan tentu jumlahnya akan signifikan.

3. Perhatikan suku bunga, biaya administrasi dan syarat ketentuan yang diterapkan.

Bunga kartu kredit sangat besar rata-rata 2,95% flat atau lebih dari 45% jika dihitung efektif. Namun ditengah kompetisi yang ketat ada saja promo bunga lebih murah, untuk itu selisih bunga selayaknya dipertimbangkan.

Selain itu besaran biaya administrasi tahunan, biaya penarikan tunai dan beban lainnya yang harus anda tanggung merupakan hal-hal yang harus diperhatikan.

4. Berapa banyak kartu yang sebenarnya Anda butuhkan

Yang harus diingat adalah, bukan jumlah kartu kredit yang anda butuhkan tapi harus diperhatikan adalah jumlah plafond yang dibutuhkan, jangan sampai plafond kredit tidak sanggup anda bayar.

5. Jangan buang semua kartu kredit Anda, tapi jadilah selektif dalam menggunakannya.

Adakalanya setelah anda menerima kartu kredit tambahan, kartu justru anda buang ke tempat sampah. Padahal ada kalanya kartu itu sangat bermanfaat karena terdapat reward yang menarik.

6. Perlakukan kartu kredit anda sebagai benda berharga

Pada suatu ketika, kartu kredit anda akan membantu anda membeli mesin ketik, alat perekam, atau uang muka untuk bisnis yang kemudian menjadikan anda memiliki limit ratusan juta hingga miliaran. Itu akan menempatkan anda menjadi anggota klub kaya raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper