Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Bersih Maybank Tumbuh 3,4%

Maybank Grup meraup laba bersih pada semester I/2014 sebesar RM3,18 miliar atau setara Rp11,76 triliun (Kurs 3.700), tumbuh 3,4% (yoy). Laba sebelum pajak meningkat 5,7% (yoy) atau sebesar RM4,45 miliar.

Bisnis.com, JAKARTA--Maybank Grup meraup laba bersih pada semester I/2014 sebesar RM3,18 miliar atau setara Rp11,76 triliun (Kurs 3.700), tumbuh 3,4% (yoy). Laba sebelum pajak meningkat 5,7% (yoy) atau sebesar RM4,45 miliar.

 Chairman Maybank Tan Sri Megat Zaharuddin Megat Mohd Nor mengatakan Maybank mengupayakan peningkatan pendapatan secara berkelanjutan di tengah ketidakpastiaan situasi ekonomi global.

Grup melakukan pelbagi sinergi dan pengembangan kapabilitas untuk mengoptimalkan pendapatan.

"Footprint kami yang terdiversifikasi dengan baik dan fundamental yang kuat di seluruh pasar kami, digabungkan dengan fokus utama untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, terus memberikan kepercayaan bahwa Grup Maybank tetap berada pada jalur pertumbuhan yang menguntungkan," ujarnya, Minggu (31/8).

Kredit Maybank Grup tercatat tumbuh 13,1% (yoy). Peningkatan kredit secara signifikan terjadi pada triwulan II (April-Juni) yang tumbuh hingga 9,5%.

Dari tiga negara yang dilayani, Indonesia mencatat pertumbuhan kredit tertinggi yakni mencapai 25,5%, disusul Singapura 18,6%, dan Malaysia 8,2%. Peningkatan itu diklaim ikut meningkatkan fee based income menjadi RM6,26 miliar atau tumbuh 8,1% (yoy).

Upaya Maybank Grup untuk meningkatkan simpanan melalui retail deposit-taking diklaim mulai membuahkan hasil dengan peningkatan 9,1% (yoy), dipimpin oleh Indonesia (+16,3%), Malaysia (+9,7%) dan Singapura (+3,1%).

Likuiditas diklaim membaik dengan current account and savings account/ CASA meningkat menjadi 35,7% dari 34,2% pada tahun lalu.

Net interest margin/NIM Maybank Grup tercatat menurun menjadi 2,36% pada semester I dari 2.43% pada akhir 2013. NIM tergerus karena NIM di Malaysia dan Indonesia mengalami tekanan, sedangkan NIM di Singapura membaik.

Adapun, kondisi loan to deposit ratio/LDR mengalami peningkatan menjadi 90,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu 87,5%.

Presiden Grup & CEO Maybank Datuk Abdul Farid Alias mengatakan Grup mencatat perkembangan yang menggembirakan pada percepatan kredit dan pertumbuhan deposito selama kuartal II/2014.

Maybank Grup juga terus memperkuat pangsa pasar di regional pada bidang simpanan ritel, kredit konsumer, dan Islamic banking

“Kami tetap menerapkan prinsip kehati-hatian di operasional regional pada semester II. Kami melihat peluang untuk pertumbuhan kredit berkelanjutan terutama di segmen konsumer, UKM dan korporasi di seluruh jaringan kami,” paparnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper