Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ProDem: Calon Dirut Pertamina dari Internal Dinilai Tak Layak Gantikan Karen Agustiawan

Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) meminta pemerintah mengambil langkah bijak dalam hal mencari pengganti Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero).
Ilustrasi-Alat RFID/Bisnis
Ilustrasi-Alat RFID/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) meminta pemerintah mengambil langkah bijak dalam hal mencari pengganti Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Sekretaris Jenderal ProDem Firman Tendry mengatakan meskipun Karen tidak terlalu moncer memimpin Pertamina, tapi Karen bisa dikatakan cukup berhasil memimpin Pertamina dalam 6 tahun terakhir.

"Karen itu orang dari luar Pertamina awalnya. Kalau orang dalam Pertamina belum tentu bisa melakukan hal serupa. Nah, langkah serupa bisa diambil dengan mengambil calon dirut Pertamina dari luar struktur yang ada," kata Tendry di Jakarta, Senin (1/9/2014).

Menurut Tendry, jika calon pengganti Karen berasal dari internal perseroan, maka Pertamina tidak akan bisa tumbuh besar. Alasannya, kalangan internal biasanya lebih banyak bersikap 'status quo' dalam keadaan 'comfort zone' (zona aman) dibandingkan dengan mengambil sikap visioner.

Sejumlah nama dari internal Pertamina yang santer akan menggantikan posisi Karen antara lain, Muhamad Husen (direktur Hulu), Chrisna Damayanto (direktur Pengolahan), Luhur Budi Djatmiko (direktur Umum), Hari Karyuliarto (Direktur Gas), Hanung Budya (Direktur Pemasaran dan Niaga) dan M. Afdal Bahaudin (Direktur Keuangan).

"Kalau nama-nama dari internal itu dipilih memimpin Pertamina saya jamin Pertamina akan jalan di tempat, tidak akan maju berkembang. Lebih baik orang dari luar Pertamina," ujar dia. Apalagi sebagian dari mereka adalah orang yang punya masalah.

 Tendry menambahkan Pertamina ke depan harus dipimpin orang-orang yang bisa membawa perseroan menjadi perusahaan kelas dunia di sektor energi (world class company energy).

Selain itu, imbuh Tendry, Pertamina sebagai salah satu BUMN tulang punggung (back bone) negara harus bisa diselamatkan dari anasir-anasir kepentingan kelompok tertentu, terutama dijauhkan dari kepentingan kelompok mafia migas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper