Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRANCHLESS BANKING: BRI Kanwil Manado Targetkan 1.400 Outlet

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah (Kanwil) Manado berencana mendirikan 1.400 outlet di wilayah kerjanya pada tahun ini untuk mendukung program branchless banking yang sedang disiapkan pemerintah.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MANADO—PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah (Kanwil) Manado berencana mendirikan 1.400 outlet di wilayah kerjanya pada tahun ini untuk mendukung program branchless banking yang sedang disiapkan pemerintah.

Pemimpin Wilayah BRI Manado Osbal Saragi mengatakan dari target itu, saat ini pihaknya baru merealisasikan sekitar 600 outlet di empat wilayah kerjanya, yakni sekitar 120 di Sulawesi Utara (Sulut), 162 outlet di Sulawesi Tengah, dan sisanya di Gorontalo dan Maluku Utara.

“Kami optimistis target ini akan tercapai, karena BRI memang bank yang selalu siap masuk hingga ke pelosok desa atau bahkan daerah kepulauan,” katanya.

Dengan adanya branchless banking ini, masyarakat diharapkan dapat lebih dekat dengan bank dan terus menyimpan uang melalui jasa perbankan.

Dalam program branchless banking ini, BRI siap bekerjasama dengan agen dalam membuka kios-kios di daerahnya masing-masing.

Nantinya, pihaknya akan menyediakan infrastruktur berupa mesin electronic data capture (EDC) kepada seluruh outlet untuk memenuhi masyarakat yang ingin menabung atau mengambil uang.

“Untuk menjadi agen, kami memiliki kriteria khusus dan akan diseleksi secara saksama agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” tuturnya.

Sebagai informasi, saat ini BRI Kanwil Manado memiliki 580 anjungan tunai mandiri (ATM).

Bank pelat merah itu berencana menambah 24 kantor dan 100 ATM sepanjang tahun ini, untuk menggenjot dana dari masyarakat.

Hingga Agustus 2014, BRI Kanwil Manado baru merealisasikan 10 kantor, baik kantor cabang maupun cabang pembantu.

Adapun ATM yang telah ditambah baru mencapai 49 ATM yang tersebar di sejumlah lokasi strategis.

Sebagai catatan, BRI Kanwil Manado memiliki area kerja di empat provinsi yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper