Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas, Akun CIMB Clicks Di-phishing oleh Clikckscimb.com!

Pengguna layanan Internet banking CIMB Clicks harap berhati-hati karena ada situs tiruan dengan link Clikckscimb.com, yang mencoba mencatut akun User ID CIMB Clikcs Anda.
 Situs palsu Clickscimb.com mencatut User ID pelanggan CIMB Clicks
Situs palsu Clickscimb.com mencatut User ID pelanggan CIMB Clicks

Bisnis.com, JAKARTA – Pengguna layanan Internet banking CIMB Clicks  harap berhati-hati karena ada situs tiruan dengan link Clikckscimb.com, yang mencoba mencatut akun User ID CIMB Clikcs Anda.

Di dalam dunia Internet, pencatutan akun login itu disebut dengan phishing. Modus phising yang dilakukan situs palsu Clikckscimb.com itu melalui penyebaran email notifikasi ke korban secara acak.

Penulis yang bukan pelanggan CIMB Clicks pun mendapatkan email seperti itu hari ini, Rabu (1/10/2014) pukul 06:04 WIB. (lihat foto)

Email palsu dengan subject Transaction Notice / Pemberitahuan Transaksi itu dikrim dalam dua bahasa, yaitu Inggris dan Indonesia.

Lucunya lagi, terjemahannya dalam bahasa Indonesia tidak terstruktur rapi secara gramatikal karena sepertinya menggunakan Google Translate.

Oleh karena itu, bila Anda pengguna layanan CIMB Clicks dan menerima email ber-subject Transaction Notice / Pemberitahuan Transaksi, harap berhati-hati dan jangan mengklik link yang diberikan.

Jika di klik, link itu akan menggirin Anda ke laman http://www.cimbclicks.cn.pn/ atau http://clickscimb.com/cimb-niaga/cimb-logon1.html dengan tampilan yang mirip tampilan mirip CIMB Click untuk mengisi User ID dan Password.

Untuk diingat, CIMB Click memiliki alamat resmi dengan country domain Indonesia berakhir co.id di alamat https://www.cimbclicks.co.id/ib-cimbniaga/Login.html.

Bedanya lagi, situs palsu http://clickscimb.com/cimb-niaga/cimb-logon1.html  itu tidak memiliki fitur kotak Captcha untuk mengisikan kode verifikasi.

Sekali lagi, berhati-hatilah untuk membedakan alamat CIMB Clicks yang asli (berakhiran co.id) dengan yang palsu (berakhiran .com).

Awas, pencatutan user ID mengintip para pengguna Internet banking CIMB Clicks!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper