Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MA Resmi Lantik Lima Anggota BPK

Sebanyak lima anggota terpilih Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) resmi dilantik oleh Mahkamah Agung setelah mengucapkan sumpah di depan anggota BPK lainnya dan para pimpinan kementerian/lembaga.
Gedung BPK/Bisnis
Gedung BPK/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Sebanyak lima anggota terpilih Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) resmi dilantik oleh Mahkamah Agung setelah mengucapkan sumpah di depan anggota BPK lainnya dan para pimpinan kementerian/lembaga.

Kelima anggota BPK yang dilantik dan diambil sumpahnya di Gedung Sekretariat MA, Kamis (16/10) antara lain Moermahardi Soerja Djanegara, Harry Azhar Azis, Rizal Djalil, Achsanul Qosasi, dan Eddy Mulyadi Soepardi.

Pengangkatan anggota BPK tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 94/P2014 pada 7 Oktober 2014 yang didasarkan pada Keputusan DPR RI No. 09/DPRRI/I/2014 dan No. 21/DPRRI/I/2014 pada 26 September 2014.

Pada saat yang sama, anggota baru BPK tersebut menggantikan tiga orang anggota BPK periode 2009-2014 yang telah berakhir masa jabatannya, a.l. Hadi Poernomo, Ali Masykur Musa, dan Hasan Bisri.

 Sedangkan empat anggota BPK lainnya antara lain Sapto Amal Damandari, Agus Joko Pramono, Agung Firman Sampurna, dan Bahrullah Akbar masih menjabat hingga saat ini, dan hingga 2019 mendatang.

 

Sesuai UU No. 15/2006 tentang BPK, jumlah anggota BPK adalah 9 orang yang terdiri dari Ketua merangkap anggota, Wakil Ketua merangkap anggota dan 7 anggota BPK.

 

Nantinya, pelaksanaan tugas dan wewenang sembilan orang anggota BPK tersebut akan ditentukan sesuai Peraturan BPK No. 1/2010 tetang pembagian tugas dan wewenang ketua, wakil ketua dan anggota BPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper