Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OBLIGASI: BRI Kaji Penerbitan MTN Tahap II Tahun Depan

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk berencana menerbitkan obligasi dan medium term note (MTN) tahap II tahun depan.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank Rakyat Indonesia Tbk berencana menerbitkan obligasi dan medium term note (MTN) tahap II tahun depan.

Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan peluang penerbitan obligasi tahun depan terbuka lebar. Dia meyakini pricing tahun depan akan semakin murah. Meski begitu pihaknya masih menghitung berapa obligasi yang potensial diterbitkan.

“Tahun depan saya yakin pricing agak murah karena situasi sosial politik yang lebih kondusif, kesempatan usaha banyak, orang mulai investasi,” ujarnya belum lama ini.

Dia juga meyakini penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) sebagai salah satu sumber penyaluran kredit tahun depan semakin menjanjikan. Dia optimistis DPK BRI pada 2015 bakal tumbuh pesat karena jaringan kantor yang terus berkembang. BRI juga masih memiliki 11.000 agen BRILink yang memperkuat penetrasi mereka di daerah.

Direktur Keuangan BRI Achmad Baiquni mengatakan MTN Tahap II kemungkinan akan diterbitkan tahun depan. Dia menyebutkan penerbitan MTN BRI Tahap I pada 9 Oktober 2014 lalu bertujuan untuk mengganti obligasi junior senilai Rp2 triliun yang jatuh tempo akhir tahun ini.

“Kalau tahun depan tentu sudah kami persiapkan, tapi belum sampai jumlahnya berapa, lihat pricing dulu,” katanya.

Sebagaimana diketahui BRI siap menerbitkan MTN dalam jangka pendek dan jangka panjang melalui penawaran terbatas dengan nilai maksimum Rp2 triliun dan jangka waktu maksimal 3 tahun. MTN BRI Tahap I telah diterbitkan pada 9 Oktober 2014, dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk sebagai arranger. MTN tersebut hanya dijual kepada 49 pihak.

MTN Tahap I Seri A dengan nilai pokok Rp300 miliar ditawarkan dengan tingkat bunga 8,75% dan jatuh tempo pada 15 Oktober 2015. MTN Tahap I Seri B dengan nilai pokok Rp60 miliar dengan tingkat bunga 9,25% akan jatuh tempo pada 10 Oktober 2016. Adapun MTN Tahap I Seri C dengan nilai pokok Rp360 miliar memberikan tingkat bunga 9,5% dan akan jatuh tempo pada 10 Oktober 2017.

MTN BRI tahun 2014 telah memperoleh peringkat AAA(Idn) dan F1+(Idn) dari PT Fitch Rating Indonesia. "Dana yang diperoleh dari hasil penawaran MTN ini akan digunakan untuk penyaluran kredit, setelah dikurangi dengan biaya-biaya penerbitan MTN," ujar Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper