Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASURANSI INVESTASI: Zurich Topas Life Kembali Lirik Bank

PT Zurich Topas Life mulai menjajaki kerja sama bancassurance dengan beberapa bank pada tahun mendatang.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Zurich Topas Life mulai menjajaki kerja sama bancassurance dengan beberapa bank pada tahun mendatang.

Bancassurance adalah layanan bank yang menyediakan asuransi yang bisa berupa produk investasi dan perlindungan.

Pasca penandatangan kerja sama bancassurance dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk baru-baru ini, perusahaan patungan yang dimiliki oleh Zurich Financial Services Ltd. dan PT Mayapada Prasetya Prakarsa ini optimistis mampu mendulang pundi-pundi premi melalui kerja sama tersebut.

“Kami belum bisa menyebutkan apa saja bank yang sedang dijajaki, yang pasti itu [bank] lebih dari satu. Ini merupakan salah satu strategi yang tercantum dalam pipe plan kami pada tahun depan,” ujar Oemin Handajanto, Presiden Direktur PT Zurich Topas Life di Jakarta, Jumat (31/10).

Hingga saat ini, Zurich Life memiliki kerja sama bancassurance dengan dua bank yaitu PT Bank Mayapada Internasional Tbk dan Bank BTN.

Selain itu, Oemin juga belum bisa memastikan kapan kerja sama bancassurance terbaru itu dapat terealisasi karena prosesnya dapat memakan waktu hingga bertahun-tahun.

“Kita belum tahu. Untuk Bank BTN saja membutuhkan waktu dua tahun, sehingga kami belum bisa memastikan kapan-nya,” ucapnya.    

Khusus untuk kerja sama bancassurance dengan Bank BTN, Oemin menargetkan kontribusi pendapatan premi melalui saluran itu mampu terdongkrak hingga 20% pada 2015. Pasalnya, Bank BTN dikenal memiliki jangkauan yang luas yaitu sekitar 43 kantor layanan.

Kendati bancassurance bukan merupakan saluran distribusi utama Zurich Life, perusahaan asuransi jiwa itu menilai bancassurance cukup potensial untuk digarap maksimal.

“Sampai saat ini, agen masih mendominasi pendapatan premi kami yaitu 7.000 agen. Keberadaan bancassurance baru menyumbang sekitar 10% sepanjang semester I/2014, sedangkan sisanya adalah agen,” tekannya.

Jumlah agen yang mencapai 7.000 orang tersebut, tuturnya, akan didukung dengan lebih dari 50 kantor pemasaran yang tersebar di  23 kota. Kantor pemasaran juga tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa saja, melainkan di Pulau Kalimantan, Papua, Sumatera, dan Sulaweesi.

Seperti diketahui, Zurich juga membuka kantor pemasaran baru di Bandung pada Juli tahun ini. Ekspansi tersebut tidak terlepas dari ambisi perusahaan yang menginduk Zurich Financial Services Ltd. untuk meningkatkan pertumbuhan premi di atas 50% pada tahun ini dari raihan premi pada 2013 sebesar Rp120 miliar.

Heru Gunadi, Chief Marketing Officer Zurich Topas Life, menilai proyeksi pertumbuhan premi yang tinggi tersebut realistis mengingat pasar asuransi yang masih terbuka lebar dan cenderung tumbuh tinggi di Indonesia.

“Umur perusahaan kami memang terbilang masih muda, tetapi secara pergerakan sangat cepat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper