Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Berharap Pertamina Dipimpin Profesional yang Paham Sektor Migas

Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku telah mengirimkan tujuh nama kepada konsultan PT Daya Dimensi Indonesia (DDI) selaku assesor calon Direktur Utama PT Pertamina.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku telah mengirimkan tujuh nama kepada konsultan PT Daya Dimensi Indonesia (DDI) selaku assesor calon Direktur Utama PT Pertamina.

"Ada tujuh nama dari internal dan eksternal," kata Rini saat ditanyai berapakah nama calon yang diusulkan dari Kementerian BUMN, di Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Lebih lanjut dikatakan tahapan fit and proper test sudah hampir selesai dan sebagian nama sudah masuk kembali ke Kementeriannya.

"Sudah ada yang masuk ke kita [Kementerian BUMN]. Sebagian masih di PT DDI," tambahnya.

Terkait tahapan yang harus ditempuh, Rini mengatakan bahwa setelah melalui fit and proper test dari konsultan, nama-nama calon bos Pertamina itu akan dipanggil oleh Kementerian BUMN untuk menjalani interview, setelah direview baru dimunculkan kepada Tim Penilai Akhir.

"Tahapannya yaitu setelah selesai di PT DDI, kemudian di sini [BUMN] ada timnya yang melakukan interview, baru masuk ke TPA. Intinya setelah kita mereview, setelah mendapatkan assesment dari konsultan. Baru kita mengusulkan ke TPA," tandasnya sembari masuk ke dalam mobilnya tanpa mengungkap ketujuh nama tersebut.

Terkait dengan calon pemimpin perusahaan migas tersebut, Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan Chris Kanter mengatakan pihaknya akan mendukung siapapun calon Dirut Pertamina asalkan memiliki kompetensi di sektor migas.

"Saya mendukung siapapun calon Dirut Pertamina yang baru. Kriteria yang jelas untuk pemimpin perusahaan minyak sebesar Pertamina haruslah orang yang berkompeten di bidangnya, minyak dan gas," ujar Chris di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Seperti diketahui, nama-nama calon Dirut Pertamina dari eksternal yang sedang menjalani Fit and Proper di PT DDI adalah Budi Sadikin (Dirut Bank Mandiri), Sunarso, (Direksi Bank Mandiri), Zulkifli Zaini (Mantan Dirut Bank Mandiri), Fahmi Muhtar (Mantan Dirut PLN), Dwi Sucipto, (Dirut Semen Indonesia), dan Rinaldi Firmansyah (Mantan Dirut Telkom) dilakukan secara tertutup.

"Pokoknya mau itu proper test nya terbuka atau tertutup urusan pemerintah. Yang penting, Dirutnya harus memiliki kompetensi di bidangnya dan bisa bertanggung jawab," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper