Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI-KORSEL: Posco & Lotte Tunda Investasi US$11 Miliar

Investor asal Korea Selatan, Posco dan Lotte Chemicals, menahan realisasi investasinya senilai US$11 miliar lantaran terbentur sejumlah kendala di Tanah Air.
Ketua DPD RI Isman Gusman saat jadi pembicara utama di depan forum CEO perusahaan Korea Selatan di Seoul, Rabu (19 November 2014)/yusran yunus
Ketua DPD RI Isman Gusman saat jadi pembicara utama di depan forum CEO perusahaan Korea Selatan di Seoul, Rabu (19 November 2014)/yusran yunus

Bisnis.com, SEOUL - Investor asal Korea Selatan, Posco dan Lotte Chemicals, menahan realisasi investasinya senilai US$11 miliar lantaran terbentur sejumlah kendala di Tanah Air.

Hong Joon Ahn, anggota parlemen Korsel mengungkap pihaknya sudah menyampaikan sejumlah kendala yang dihadapi Posco di Indonesia kepada delegasi Dewan Perwakilan Daerah dipimpin oleh Ketua DPD RI Irman Gusman yang sedang melakukan kunjungan kerja di Negeri Ginseng, 17-21 November.

"Posco sudah merealisasikan investasi pada tahap pertama senilai US$3,2 miliar. Untuk tahap kedua sudah siap direalisasikan US$7 miliar, namun karena sejumlah kendala terpaksa ditunda dulu," katanya seusai pertemuan pimpinan parlemen Korsel dengan DPD RI, Rabu (19/11).


Selain Posco, investor asal Korsel lainnya, Lotte Chemicals juga telah menyiapkan investasi senilai US$4 miliar.
Lotte juga masih menunggu penyelesaian sejumlah kendala yang dihadapinya sebelum merealisasikan investasi tersebut.


Dengan dalih menjaga hubungan baik dengan Indonesia, Ahn menolak merinci lebih jauh mengenai kendala tersebut.
"Kami sudah menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi Posco dan Lotte kepada DPD RI, semoga Pemerintah Indonesia bisa membantu menyelesaikan," katanya.

Menurut Ahn, investor Korsel akan terus meningkatkan investasinya di RI sejalan dengan komitmen pemerintah kedua negara untuk meningkatkan kerja sama di seluruh bidang khususnya bidang ekonomi dan investasi.

"Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial dengan kekayaan alam melimpah dan populasi penduduk yang sangat besar di dunia. Kekuatan ekonominya juga tumbuh pesat, memiliki GDP urutan ke-41 di dunia. Sehingga kesempatan untuk terus bekerjasama dengan Indonesia akan terus kami dorong," ujarnya.

Ketua DPD Irman Gusman mengatakan akan segera meminta sejumlah pihak di Tanah Air untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi oleh Posco dan Lotte tersebut.

Menurutnya, kehadiran investor sangat penting dalam memajukan perekonomian nasional terutama terkait dengan penyediaan lapangan kerja baru.

Untuk itu, seluruh pihak di Tanah Air diharapkan dapat membantu para investor dalam merealisasikan investasinya.

"Kami akan mencoba membantu mencarikan jalan keluar kepada kedua investor itu [Posco dan Lotte Chemicals] agar mereka segera dapat merealisasikan investasinya," ujarnya seusai menjadi pembicara pada pertemuan dengan 100 pemimpin puncak perusahaan Korsel di Seoul, Rabu (19/11).

BACA JUGA: Irman Gusman Promosikan Prospek Ekonomi Indonesia di depan 100 CEO Perusahaan Korsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper