Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANKERS DINNER: Perdalam Pasar Keuangan, BI Siap Lakukan 5 Hal

-Bank Indonesia siap melakukan lima hal untuk meningkatkan pendalaman pasar keuangan di Indonesia.
 Agus Martowardojo. /
Agus Martowardojo. /

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia siap melakukan lima hal untuk meningkatkan pendalaman pasar keuangan di Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo mengatakan pilar  pertama yang  akan dilakukan adalah pembenahan regulasi dan standardisasi. Pada pilar ini BI akan mereformasi regulasi untuk mendorong peran pelaku pasar tanpa mengurangi kehati-hatian.

"Kami akan mengatur dan mengawasi pasar uang. Sementara itu di pasar valas, penyempurnaan regulasi transaksi lindung nilai akan dilanjutkan," ungkapnya dalam Bankers Dinner, Kamis (20/11/2014).

Pilar kedua adalah penguatan kelembagaan. Pada area ini, Bank Indonesia, bersama dengan Kementerian Keuangan dan OJK, akan memelopori pembentukan “Komite Nasional Pendalaman Pasar Keuangan” untuk mensinergikan visi-misi pengembangan pasar keuangan. Komite ini ditargetkan untuk membidangi Roadmap Pendalaman Pasar Keuangan Indonesia 2015-2024.

Pilar ketiga adalah pengayaan instrumen dan perluasan basis investor. Pada pilar ini, BI akan mendorong tersedianya keragaman instrumen di pasar uang, sebagai sumber pendanaan (funding) dan sebagai instrumen pengelolaan likuiditas.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan OJK untuk mendorong peran dana pensiun dan asuransi, guna mengembangkan pasar obligasi korporasi," katanya.

Pilar keempat adalah penguatan infrastruktur pasar. Agus mengatakan BI akan mengembangkan platform transaksi berbasis bursa untuk memperkuat transparansi di pasar uang. Ini diharapkan dapat mengefisienkan transaksi di pasar uang, sekaligus sebagai media pengendalian risiko bagi pelaku pasar.

Pilar kelima adalah edukasi dan sosialisasi. Ini akan dilakukan secara meluas, termasuk kepada penegak hukum, terutama terkait pentingnya transaksi lindung nilai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper