Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendekatan Diubah, Lima Wilayah Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Musrenbang

Pemerintah akan mengubah pola pendekatan pembangunan dengan mengedepankan pengembangan potensi lokal.
Andrinof Chaniago.
Andrinof Chaniago.
Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah akan mengubah pola pendekatan pembangunan dengan mengedepankan pengembangan potensi lokal. Bentuk pengubahan pola ini dimulai dengan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang semula dilakukan secara nasional dan berkumpul di Jakarta diubah menjadi pendekatan pulau dan kepulauan. Hasil usulan regional ini kemudian dibawa ke rapat kabinet untuk kemudian ditetapkan oleh presiden.
 
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN), Andrinof Chaniago, menuturkan musrenbang terbagi menjadi lima kelompok wilayah. "Regional Sumatera akan diselenggarakan di Belitung. Regional Kalimantan diselenggarakan di Tarakan. Sementara Sulawesi akan diselenggarakan di Palu, Regional NTT, Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara akan digelar di Ambon. Regional Jawa, Bali, dan NTB, diselenggarakan di Lombok," jelas Andrinof di Jakarta, Jumat (21/11/2014).
 
Sementara pelaksanaan Musrenbang memiliki kriteria tertentu dalam penentuan lokasi yakni wilayah yang memiliki potensi namun kurang promosi. Direncanakan arah pembangunan dalam lima tahun mendatang selesai pada akhir Januari 2015.
 
Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan menghadiri langsung pelaksanaan perumusan arah pembangunan nasional ini. Untuk wilayah yang presiden berhalangan hadir, maka akan dilakukan video conference.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper