Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI ASURANSI: EIOPA Bakal Rilis Hasil Audit Kesiapan Hadapi Krisis Finansial

European Insurance and Occupational Pensions Authority (EIOPA) bakal merilis hasil stress test industri perasuransian di Eropa.
/Sva.edu
/Sva.edu

Bisnis,com, FRANKFURT - European Insurance and Occupational Pensions Authority (EIOPA) bakal merilis hasil stress test industri perasuransian di Eropa.

Rencananya, regulator tersebut akan mempublikasi hasilnya pada Senin, (1/12/2014) yang mencakup sejauh mana kesiapan industri asuransi dalam menghadapi krisis finansial.

EIOPA telah menghabiskan setidaknya tujuh bulan untuk melakukan audit internal, salah satunya mengenai aturan kecukupan modal bagi industri asuransi.

"Ini bukan tes di mana perusahaan asuransi yang tidak lolos audit bakal gugur," kata Ketua EIOPA Gabriel Bernardino di Frankfurt, Minggu (30/11/2014).

Sebaliknya, regulator justru fokus terhadap kapasitas perusahaan asuransi dalam menghadapi goncangan finansial a.l fluktuasi suku bunga acuan, nilai obligasi, harga properti, dan saham.

Tidak hanya itu, EIOPA juga menitikberatkan kondisi ekonomi Eropa yang saat ini mengalami pelonggaran moneter karena suku bunga acuan dipangkas hingga ke level negatif.

Seperti diketahui, American International Group Inc, perusahaan asuransi terkemuka asal Amerika Serikat, sempat tumbang akibat anjloknya pasar derivatif.

Berbeda dengan AIG, perusahaan asuransi multinasional lainnya a.l Allianz, Axa, dan Generali menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi audit kemampuan membayar klaim II yang mulai berlaku pada 2016. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper