Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Kaji Insentif Pembiayaan Ramah Lingkungan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana memberikan insentif kepada perusahaan pembiayaan yang berminat menyalurkan pembiayaan pembangunan infrastruktur energi terbarukan.
Bisnis.com, JAKARTA--- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana memberikan insentif kepada perusahaan pembiayaan yang berminat menyalurkan pembiayaan pembangunan infrastruktur energi terbarukan.
 
Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Firdaus Djaelani mengatakan pihaknya bakal mengkaji mengenai bentuk insentif terhadap perusahaan yang mengutamakan pembangunan pro-lingkungan hidup.
 
“Itu untuk sektor perbankan dan pembiayaan, insentifnya nanti kita pikirkan,” katanya seusai menghadiri seminar“Welcoming the Year of 2015 Opportunities and Challenges”, Selasa (9/12).
 
Firdaus memberi contoh mengenai pembangunan pembangkit listri tenaga air (PLTA). Apabila perusahaan jasa keuangan berminat menyalurkan pembiayaan kepada pembangunan tersebut maka dapat memperoleh insentif dari regulator.
 
Seperti diketahui, OJK telah menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun lalu serta membuat Arah Jalan Keuangan Berkelanjutan (Roadmap Sustainable Finance) pada pekan lalu sebagai tindak-lanjut kerjasama.
 
Salah satu pokok kerjasama OJK dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu adalah membuat peraturan yang mendorong lembaga jasa keuangan untuk menyalurkan pembiayaan ramah lingkungan untuk sektor produktif atau konsumtif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper