Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANK SENTRAL BELANDA: Ekonomi Tumbuh 0,8% pada 2015

Bank Sentral Belanda DNB melaporkan perekonomian Belanda diperkirakan akan tumbuh pada tahun-tahun mendatang, kendati sedikit lebih rendah dari perkiraan setengah tahun lalu. Setelah dua tahun mengalami kontraksi, perekonomian Belanda diproyeksikan tumbuh sebesar 0,8% pada 2015, lebih tinggi dari 0,2% yang diproyeksikan untuk 2014 oleh DNB pada Juni 2014.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Sentral Belanda DNB melaporkan perekonomian Belanda diperkirakan akan tumbuh pada tahun-tahun mendatang, kendati sedikit lebih rendah dari perkiraan setengah tahun lalu.

Setelah dua tahun mengalami kontraksi, perekonomian Belanda diproyeksikan tumbuh sebesar 0,8% pada 2015, lebih tinggi dari 0,2% yang diproyeksikan untuk 2014 oleh DNB pada Juni 2014.

Pertumbuhan ekonomi Belanda diperkirakan akan meningkat lebih lanjut dalam tahun-tahun mendatang, menjadi 1,2% pada 2015 dan 1,5% pada 2016, dibandingkan dengan perkiraaan pada Juni 1,6% untuk 2015 dan 2016.

Menurut DNB, pemulihan yang lebih nyata akan terhambat terutama oleh ekspansi ekonomi global yang moderat. Meski pun tingkat pertumbuhan sedikit lebih buruk, DNB melihat akan ada pemulihan lebih lanjut dari ekonomi Belanda, berkat peningkatan kepercayaan konsumen dan produsen.

Selain itu, pasar tenaga kerja menunjukkan daya tahannya, meski pengangguran tetap tinggi, dan pasar perumahan telah meninggalkan posisi terendahnya.

"Sentimen ekonomi di kalangan konsumen dan produsen Belanda telah membaik sejak musim panas 2013," ujar DNB.

"Tahun ini, pertumbuhan ekonomi masih akan didorong sepenuhnya oleh perdagangan luar negeri. Pada 2015, kontribusi pengeluaran domestik terhadap pertumbuhan PDB akan setara dengan ekspor dan bahkan akan melampaui ekspor 2016, untuk pertama kalinya sejak 2008."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper