Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Rekomendasikan 11 Butir Hasil Rapimnas Kepada Pemerintah

Kamar Dagang dan Industri memberikan 11 butir rekomendasi kepada pemerintah hasil rapat pimpinan nasional yang fokus pada sektor maritim, kemandirian ekonomi, dan pembangunan ekonomi daerah.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA- Kamar Dagang dan Industri memberikan 11 butir rekomendasi kepada pemerintah hasil rapat pimpinan nasional yang fokus pada sektor maritim, kemandirian ekonomi, dan pembangunan ekonomi daerah.  

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Suryo Bambang Sulistyo mengatakan fokus utama dalam rekomendasi hasil Rapimnas Kadin adalah meminta pemerintah memberikan perhatian khusus dan melahirkan kebijakan yang mementingkan percepatan pada bidang infrastruktur, maritim, energi dan pariwisata.

"Investasi fisik dan sumber daya manusia harus dilakukan. Pemerintah juga harus mempermudah investasi asing masuk untuk bersama membangun sektor strategis ini [maritim]," tuturnya, Selasa malam (9/12/2014).

Program kerja Kadin pada 2015 sendiri akan diarahkan untuk membangun identitas Indonesia sebagai negara maritim, memperkuat struktur perekonomian Indonesia dengan membangun sisi pasokan melalui swa-sembada pangan dan pendalaman struktur industri dan meningkatkan pembangunan daerah.

Berikut 11 Butir Pokok Pokok Pikiran Rapimnas Kadin:

1.Mendesak pemerintah agar lembaga pembiayaan infrastruktur yang secara prinsip telah disetujui oleh pemerintah dapat segera beroperasi.

2.Mendesak pemerintah memberikan subsidi bunga dan insentif fiskal dan non fiskal bagi industri dalam negeri bidang strategis, misalnya industri galangan kapal, perminyakan, pengolahan mineral dan industri penunjang infrastruktur migas dan batubara, industri agro, perikanan, pangan, energi dan geotermal

3. Memberikan insentif fiskal dan non fiskal bagi pengusaha yang sudah melakukan penghiliran mineral

4. Mengusulkan pada pemerintah untuk membentuk lembaga investasi yang bertujuan melakukan akuisisi aset strategis di luar negeri.

5. Meminta pemerintah untuk mendukung persiapan menghadapi MEA 2015.

6. Melaksanakan dengan tegas undang-undang penggunaan mata uang Rupiah di Indonesia

7. Melaksanakan e-payment seluas-luasnya guna mendukung pertumbuhan e-commerce

8. Memberikan keberpihakan pendanaan dan pembiayaan kepada UMKM, Kperasi, Nelayan, dan kalangan industri kreatif lainnya.

9. Menuntaskan program penyehatan perekonomian terutama bidang minyak dan gas, mineral, agribisnis dan pertanian, dan kemaritiman

10. Menyederhanakan proses perizinan usaha dan investasi yang berbelit, tetapi tetap memenuhi koridor hukum yang berlaku guna peningkatan efisiensi dan kepastian hukum

11. Penegak hukum tidak melakukan kriminalisasi kebijakan khusunya bagi BUMN dan perusahaan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper