Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Literasi Keuangan: Bank Permata Gandeng Guru Olahraga

Bank Permata memilih Kota Bandung sebagai pilot project 'Financial Literacy Through Sports' Training of Trainer berupa pelatihan guru tentang pendidikan finansial dasar yang dikombinasikan dengan kegiatan olahraga sepakbola dan bola basket bagi anak-anak usia SD.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG--Program literasi keuangan bisa dijalankan dengan berbagai cara menarik, salah satunya dengan menggandeng guru olahraga di sekolah.

Bank Permata memilih Kota Bandung sebagai pilot project 'Financial Literacy Through Sports' (FITS) Training of Trainer (ToT) berupa pelatihan guru tentang pendidikan finansial dasar yang dikombinasikan dengan kegiatan olahraga sepakbola dan bola basket bagi anak-anak usia SD.

Sebanyak 25 guru olahraga dari 16 SD di Bandung terpilih sebagai Master Trainers oleh Bank Permata, ASA Foundation, dan Dinas Pendidikan Bandung yang menerima pelatihan program FITS selama satu tahun.

Dalam program literasi keuangan yang digagas Bank Permata bersama ASA Foundation ini mencakup pelatihan teori mengenai dasar matematika, keterampilan sepak bola dan basket serta penggabungan keduanya.

Direktur Bank Permata Achmad K. Permana mengatakan pendekatan literasi keuangan melalui pendekatan olahraga adalah terobosan yang baru untuk meningkatkan awareness terhadap literasi keuangan.

"Sekarang tidak perlu datang lagi ke bank untuk menyampaikan literasi tetapi sudah dapat dilakukan di lapangan dalam permainan yang disenangi anak-anak," ujarnya saat memberikan sambutan, Rabu (17/12/2014).

Dia menyatakan pihaknya menyatakan kick-off  FITS ToT pada tahun ini sengaja dilakukan di Kota Bandung yang lekat dengan sepakbola, khususnya Persib Bandung yang selanjutkan akan berlanjut selama satu tahun dengan menyasar 3.500 siswa.

Dalam peresmian hari ini di sekolah St.Angela, melalui kompetisi sepakbola futsal dan basket yang melibatkan 16 sekolah SD di Kota Bandung, telah terlibat sekitar 200 siswa yang mendapat literasi keuangan.

"Keberhasilan FITS yang telah dilakukan di Jakarta sejak 2013 dilanjutkan di Tangerang pada 2014 telah berhasil menjangkau hampir 200 anak-anak marjinal dan meningkatkan nilai rata-rata level literasi keuangan mereka dari 50% menjadi 90%," ujarnya.

Menurut dia, hal itu menjadi dasar keputusan Bank Permata untuk meningkatkan penetrasi program melalui program pelatihan guru "Training of Trainers FITS di Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper