Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BJB Salurkan Rp20 Miliar Untuk CSR

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (Bank BJB) masuk dalam daftar perusahaan di Jawa Barat yang paling banyak menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) sepanjang 2014.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG -- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (Bank BJB) masuk dalam daftar perusahaan di Jawa Barat yang paling banyak menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) sepanjang 2014.

Corporate Secretary Bank BJB Agus Mulyana mengatakan komitmen perseroan menyalurkan dana CSR setiap tahun terus meningkat seiring bertambahnya laba yang diraih bank tersebut. "Pada 2014  alokasi Bank BJB untuk CSR mencapai Rp20 miliar lebih," katanya kepada Bisnis di Bandung, Rabu (17/12/2014).
 
Menurutnya, dana ini disalurkan untuk empat sektor yakni pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan lingkungan hidup. Pendidikan mendapat alokasi sekitar 25% dari total dana CSR yang dikhususkan untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) di sejumlah wilayah Jabar seperti Garut, Bogor, Subang dan Ciamis. 
 
"Tahun ini sudah 200 RKB turut dibangun Bank BJB, itu baru program RKB melalui Pemprov Jabar, belum kebutuhan kabupaten/kota yang juga dilakukan KCP," ujarnya.
 
Selanjutnya CSR untuk sektor kesehatan dengan membangun sejumlah puskesmas berada di urutan kedua, disusul pemberdayaan ekonomi dan lingkungan hidup. 
 
Agus mengaku pihaknya terus mengikuti arahan dari Pemprov Jabar yang masih terus menggenjot CSR di bidang kesehatan dan pendidikan. "Di daerah kebutuhannya bisa berbeda-beda, tapi kami juga ikut memetakan kebutuhan dari sisi korporat," ujarnya.
 
Bank BJB sendiri sudah sejak 2 tahun ke belakang mengalokasikan CSR untuk pemberdayaan ekonomi warga. Agus menunjuk sejumlah pelatihan-pelatihan yang membuahkan hasil cukup signifikan seperti pelatihan budidaya rumput laut di Pantura Jabar pada nelayan tambak. "Mereka jadi punya penghasilan selain dari beternak bandeng," katanya.
 
Selain itu, pihaknya juga berupaya menggenjot pertumbuhan wirausaha baru dari program CSR yang diberikan untuk program studepreneur yang sudah berlangsung selama 2 tahun terakhir bekerjasama dengan STIE Ekuitas. 
 
Hingga saat ini sudah ada 70 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang dibina untuk menjadi wirausahawan. "Sifatnya terbuka, jadi mahasiswa dari mana saja bisa mendaftar," ujarnya.
 
Sementara itu, untuk program CSR lingkungan hidup, meski anggarannya masih kecil, Bank BJB sudah mulai berkonsentrasi dalam upaya penyelamatan lingkungan. Tak melulu melakukan program penanaman pohon, tetapi juga sudah melakukan penanaman pohong mangrove di pesisir Pantai Selatan Jabar dan Kepulauan Seribu. 
 
"Di Medan juga kami menggelar CSR untuk pasar, jadi diusahakan seluruh cabang melakukan program yang sama di setiap daerah," ungkapnya.
 
Dalam peresmian proyek CSR/PKBL yang diinisiasi Pemprov Jabar di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Rabu (17/12/2014), Gubernur Jabar Ahmad Heryawan memuji kinerja BUMD yang bisa menyalurkan dana CSR cukup besar setiap tahunnya, bersaing dengan BUMN dan perusahaan swasta.
 

Pemprov Jabar sendiri dalam kurun waktu 2012-2015 berhasil menghimpun dana CSR sebesar Rp545 miliar dari 65 perusahaan. Fokus dana CSR akan disalurkan untuk pembangunan 1.000 ruang kelas baru setiap tahun dan puskesmas Poned di 27 kabupaten/kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper