Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aliko Dangote Raup Untung US$1,9miliar

Aliko Dangote, orang terkaya se-Afrika ini mengontrol Dangote Group. Masuk dalam 50 orang terkaya di dunia ini, Dangote untung hingga US$1,9 miliar atau sebesar 11,4% seperti yang dilansir oleh Bloomberg.
Alike Dangote,Alhajj./reuters
Alike Dangote,Alhajj./reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Aliko Dangote, orang terkaya se-Afrika ini mengontrol Dangote Group. Masuk dalam 50 orang terkaya di dunia ini, Dangote untung hingga US$1,9 miliar atau sebesar 11,4% seperti yang dilansir oleh Bloomberg. Tetapi cukup disayangkan,kondisi ini belum mengubah YTD Dangote yang masih minus, yakni US$5.7miliar atau 23.9%.

Salah satu konglomerat terbesar di benua itu memiliki Perusahaan Lagos, berbasis di Nigeria yang memiliki produsen semen terbesar sub-Sahara Afrika dan memiliki kepentingan dalam gula, garam dan tepung, serta perusahaan makanan dan minuman dalam genggamannya.

Dia juga memegang saham di dua ladang minyak lepas pantai yang belum dikembangkan di Nigeria-Sao Tome Joint Development Zone.

Lahir tahun 1957 di Kano, Nigeria kini Alike Dangote memiliki 3 orang anak dari istrinya. Kakek buyutnya menjadi salah satu orang terkaya di Afrika barat perdagangan kola, dan kacang tanah. Ayah Dangote meninggal ketika dia berusia delapan tahun, meninggalkan dia untuk dibesarkan oleh kakek dari pihak ibu, yang adalah seorang pedagang bahan bangunan.

Setelah lulus dari Universitas Al-Azhar Mesir dengan gelar di bidang bisnis, Dangote kembali ke Nigeria, di mana memulai bisnis perdagangan semen sendiri yang didanai oleh pinjaman dari pamannya. Dia pindah dari Kano ke Lagos, dan menggenjot impor.

Pada 1981, Dangote membentuk perusahaan yang kemudian menjadi Dangote Group.

Seorang pria Muslim yang mendapat sebuah kehormatan kerana telah menyelesaikan ibadah haji ke Mekah, Dangote menyandang gelar "Alhaji".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper