Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Asal Korea Ini Incar Dua Bank Gurem di Indonesia

Sebelumnya, Shinhan Bank sempat berencana mengakuisisi 40% saham PT Bank Metro Express pada 2013 namun tidak diloloskan oleh regulator.
Niat ekspansi ke Indonesia kembali muncul. /airport.kr
Niat ekspansi ke Indonesia kembali muncul. /airport.kr

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan Shinhan Bank, bank asal Korea Selatan berencana mengakuisisi dua bank bermodal kecil, salah satunya berbasis di Bandung.

Nelson Tampubolon, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK, mengatakan Shinhan Bank secara prinsip menyetujui permintaan OJK untuk mengakuisisi dua bank kecil.

"Belum tahu mana yang mau dijajaki, tapi kita jajaki yang modalnya kecil," ujarnya di Kantor OJK, Rabu (21/1/2015).

OJK akan merestui ekspansi Shinhan Bank di Indonesia sebagai tindaklanjut dari kesepakatan bilateral antara Indonesia dengan Korsel. Nantinya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk juga akan membuka cabang di Negeri Ginseng tersebut.

Sebelumnya, Shinhan Bank sempat berencana mengakuisisi 40% saham PT Bank Metro Express pada 2013 namun tidak diloloskan oleh regulator. Belakangan, niat Shinhan melebarkan sayap bisnis ke Indonesia kembali muncul dengan membidik dua bank kecil.

Merujuk pada pernyataan Nelson, berdasarkan catatan Bisnis.com, ada tiga bank bermodal di bawah Rp1 triliun yang berbasis di Bandung. Ketiga bank itu yakni PT Bank Artos Indonesia, memiliki aset Rp767,635 miliar dan modal inti Rp105,766 miliar per November 2014.

Selain itu, PT Bank Bisnis Internasional memiliki aset Rp518,877 miliar dengan modal inti Rp132,114 miliar. Satu lagi, PT Bank Fama Internasional, beraset Rp961,351 miliar dengan modal inti sebanyak Rp171,43 miliar.

Sebelum Shinhan, bank asal Korsel yang telah berekspansi ke Indonesia adalah Woori Bank yang pada awal tahun ini telah merger dengan Bank Saudara. Selain itu, Hana Financial Group juga telah menggabungkan dua anak usahanya di Indonesia menjadi Bank KEB Hana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper