Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klaim BPJS Kesehatan: Penyakit Kritis Mendominasi

Sebagian besar klaim yang diajukan oleh peserta program jaminan kesehatan BPJS Kesehatan merupakan biaya pengobatan untuk penyakit kritis yakni diabetes, hipertensi, dan jantung.
Ilustrasi/bisnis.com
Ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, MANADO – Sebagian besar klaim yang diajukan oleh peserta program jaminan kesehatan BPJS Kesehatan merupakan biaya pengobatan untuk penyakit kritis yakni diabetes, hipertensi, dan jantung.

Phindo Bagus Darmawan, Kepala Departemen Manajemen Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Divisi Regional XI, mengatakan sebagian besar klaim dimanfaatkan ketiga penyakit kritis tersebut dan paling banyak memakan biaya.

Selain jumlah penderita diabetes, hipertensi, dan jantung, cukup banyak, biaya yang dibutuhkan untuk mengobati ketiga penyakit tersebut juga tinggi.

“Ketiga penyakit itu yang paling banyak menghabiskan dana,” ujarnya, Kamis (22/1/2015).

Di luar ketiga penyakit kritis tersebut, penyakit lain yang banyak diderita para peserta adalah infeksi, diare, dan demam berdarah.

Sepanjang 2014, total klaim untuk membayar kapitasi rumah sakit, penyedia layanan kesehatan primer, serta membiayai biaya pengobatan peserta di Divisi Regional XI BPJS Kesehatan mencapai Rp1,20 triliun.

Selain alokasi untuk tindakan kuratif, sekitar 2,5% dana juga dimanfaatkan untuk membiayai upaya preventif.

Sejumlah inisiatif yang telah dilakukan di antaranya adalah program edukasi kesehatan kepada masyarakat umum, program pengelolaan kesehatan bagi penderita penyakit kritis, dan vaksinasi Hepatitis B bagi para tenaga kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper